Di Balik Keangkeran Gunung Geger Banyak Destinasi Seru

Images 4
Images 4

BANGKALAN – Sejatinya Gunung Geger bukanlah nama sebuah gunung. Gunung itu sesungguhnya adalah bukit yang terletak di Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Kebiasaan orang Madura yang menyebut “bukit” menjadi “gunung” sudah mendarah daging. Orang lebih lebih akrab dengan sebutan Gunung Geger.

Gunung Geger menyimpan cerita misteri dari masa lalu. Sehingga dipercaya sebagai dalah satu tempat keramat di Madura.

Namun ternyata dibalik kepercayaan itu, Gunung Geger menyimpan destinasi wisata yang sangat indah. Keindahan ini lah yang mampu menepis cerita-cerita horor disana.

Bukit Geger memiliki gua alam dan destinasi lain. Berikut  beberapa gua dan destinasi di Bukit Geger yang bisa dikunjungi:

View this post on Instagram

BUKIT GEGER Bukit yang kadang juga disebut Gunung Geger adalah salah satu puncak tertinggi yang dimiliki pulau Madura, Jawa Timur, Indonesia. Tempat ini berada di wilayah Kabupaten Bangkalan yang berjarak sekitar 30km dari ibukota Kabupaten. Walaupun disebut bukit, tidak sulit untuk mencapai puncaknya. Deretan tangga sudah tersedia dan jalan setapak pun sudah ada di antara pepohonan Mahoni yang sangat rindang sepanjang perjalanan menuju puncaknya. Setelah berada di puncak, kita dapat menyaksikan pemandangan indah sebagian wilayah Pulau Madura yang masih asri dan hijau. Selain itu, terdapat beberapa makam yang salah satunya dipercaya sebagai makam Potre Koneng (Putri Kuning) dalam cerita asal-usul Madura. Tempat ini juga masih dianggap sakral dan menjadi lokasi bagi warga setempat maupun luar Madura untuk berziarah. Keunikan lain terkait kisah sejarah di tempat ini adalah banyaknya kera yang di sekitar bukit yang dipercaya sebagai jelmaan para pengawal Raden Segoro,putra dari Potre Koneng. Bukit Geger adalah salah satu obyek wisata alam sekaligus religi dan sejarah yang dimiliki oleh warga Madura. Selanjutnya, perlu adanya perhatian lebih dari pemerintah terkait pemeliharaan dan pengembangan tempat ini ke depannya. #adventure #visitindonesia #indotravellers #madura #tourism #indonesia #indonesiantourism #nature #bukitgeger #kompasnusantara #instatravel #traveling #travelgram #travelindonesia #phosphone #cerpensuba

A post shared by Bayu Satito (@bayusatito) on

1. Gua Petapan
Gua ini merupakan bekas tempat pertapaan Adipodai. Sejarahnya, Adipodai adalah ayah kandung dari tokoh legendaris Madura Jokotole alias Panembahan Secodiningrat III pada abad ke 13 masa lalu.

2. Gua Potre
Gua Potre ini juga merupakan bekas tempat pertapaan Potre Koneng istri dari Pangeran Adipoday.

3. Gua Pelanangan
Gua ini mempunyai keunikan stalaktit mirip kelamin pria. Konon tetesan air dari stalaktit unik ini jika diminum dipercaya bisa menambah daya vitalitas seksualitas kaum pria.

4. Gua Pancong Pote
Gua ini memiliki keunikan sungai di bawah tanah lengkap dengan kandungan stalaktit dan stalakmit yang berwarna warni. Jika cahaya senja masuk ke dalam celah-celah gua dan menerangi stalaktit juga stalakmit yang berwarna warni kemudian cahaya akan memantul ke air sungai yang berada di bawah. Pantulan cahaya pada air sungai tersebut yang membuat air sungai terlihat seperti berwarna warni.

5. Gua Ular
Gua ini disebut dengan gua Ular karena memiliki batu berukuran raksasa yang mirip dengan ular.

6. Panjat Tebing
Bukit Geger memiliki sisi tebing yang terjal bahkan nyaris tegak lurus di sisi tebing sebelah utara dan selatan. Sehingga kawasan ini amat ideal sekali untuk dijadikan objek wisata olahraga panjat tebing.

7. Cekungan Pangelean
Tempat ini berwujud cekungan tebing di dinding bukit sebelah utara. Bagusnya cekungan ini berwujud hamparan batu granit atau oniks yang sangat pas untuk digunakan sebagai tempat beristirahat, sambi menikmati keelokan danau alami dan hamparan sawah yang hijau.

8. Situs Pelanggiran
Area ini berwujud seperti gundukan batu, inilah puncak tertinggi dari Bukit Geger. Konon, pada abad ke 8 silam situs Pelanggiran ini merupakan tempat mendaratnya orang pertama di Madura yakni, Patih Prangulang (Ki Poleng) dan Dewi Ratna Roro Gung (Putri Kuning). Di area ini pula Putri kuning melahirkan orang pertama di Madura yakni Pangeran Segara. (ano)

Berikan Komentar

Vote Artikel Ini

0 0