Berita unik, politik, ekonomi, wisata, budaya, hukum dan pendidikan dari Madura. Meliputi Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep serta berita Jawa Timur dan Nasional

Ingin Sajikan Makanan Sehat? Cobalah dengan Membuat Muffin

0

Aneka jajanan banyak tersaji di sekitar kita. Namun, terkadang tampilan tak sama dengan rasanya. Kalaupun ada yang enak, seringkali orang tua ragu dengan bahan-bahan yang digunakan oleh para pedagang. Apakah aman bagi kesehatan atau tidak.

Biasanya, ibu muda memilih untuk membuat kreasi makanan sendiri di rumah. Setidaknya, demi menjaga agar asupan bagi anggota keluarga benar-benar terjamin.

Salah satu makanan yang saat ini lagi ngehits adalah muffin. Bolu yang satu ini tidak hanya enak, tapi teksturnya juga tidak berubah meski sudah dingin. Bahkan meski dibiarkan hingga keesokan harinya, muffin masih saja lembut.

Bahan untuk membuat muffin tidaklah sulit. Siapkan 50 gram maizena, 3 sendok makan coklat bubuk. Pastikan kualitas terbaik, lalu 100 gram gula palem. Jika kesulitan mendapat gula palem, maka bisa diganti dengan gula pasir.

Bahan dasar lainnya adalah 225 mililiter susu cair, 75 gram butter, 125 gram coklat blok yang sudah dipotong-potong, 75 mililiter minyak sayur dan dua butir telur. Selain itu, siapkan juga 110 gr gula halus, 125 tepung terigu Serta satu sendok teh baking powder double acting.

Berikut cara memasaknya;
1. Campur maizena, coklat bubuk, susu cair dan gula palem, masak diatas api kecil, aduk terus pake whisk sampe kental licin. Matikan api.

2. Masukan butter dan dcc, aduk cepat sampai rata, segera masukkan 1 butir telur dan minyak sayur aduk cepat lagi sampe rata.

3. Kemudian masukan 1 butir telur lagi, dan gula halus, aduk rata.

4.Terakhir masukkan terigu dan baking powder yang sudah di ayak, lalu masukkan juga segenggam almond slice, aduk rata kembteste.

5. Tuang ke dlm cup muffin, isi ¾ bagian saja, jangan penuh-penuh, lalu tambahkan toping sesuai selera.

6. Panggang suhu 180°C selama 20-25menit atau sesuaikan oven masing-masing. Lalu uji kematangan dengan test tusuk.

Resep dari Tintin Rayner masih bisa dikreasikan dengan berbagai toping. Namun, Budi Lestari memilih almond slice sebagai topping untuk mempercantik tampilan. Anda boleh saja mengganti almond slice dengan chocochip untuk menarik perhatian keluarga di rumah. Selamat Mencoba (Af

Comments
Loading...