tutup
ght="300">
Ekonomi

Kisah Sukses Bisnis Gazebo Pemuda Sampang, Sempat Rugi Puluhan Juta Kini Dilirik Owner Wisata di Madura

×

Kisah Sukses Bisnis Gazebo Pemuda Sampang, Sempat Rugi Puluhan Juta Kini Dilirik Owner Wisata di Madura

Sebarkan artikel ini
Salah Satu Gazebo Karya Moh. Syafi'Ie.
Salah satu gazebo karya Moh. Syafi'ie.

SAMPANG – Kisah sukses Moh Syafi’ie (33), salah satu pengusaha gazebo asal Kabupaten Sampang patut menjadi inspirasi bagi para pemuda yang lain.

Pemuda asal Desa Sejati, Kecamatan Camplong tersebut berbisnis gazebo sejak tahun 2020, kali itu dirinya dipercaya menggarap Gazebo Rumah Makan Mahkota, Taddan, Sampang.

Dalam perjalanan bisnisnya, Syafi’ie ini mengaku pernah merugi puluhan juta rupiah sebelum bisnis yang ia tekuni melejit hingga ke berbagai daerah di Jawa Timur.

Pria kelahiran tahun 1990 bercerita bahwa kayu yang dijadikan gazebo hingga rumah panggung dan furniture lainnya dia ambil dari kayu bekas yang kualitasnya dijamin bagus dan harganya juga bersahabat.

Untuk harga, dirinya menyesuaikan dengan model, jenis kayu dan ukuran semisal dibuat dari kayu jati murni bukan bekas maka harganya lumayan agak mahal namun kualitasnya dijamin top.

“Misal musala ukuran 5X6 dari kayu bekas maka harganya sekitar Rp 66 juta, kalau bukan kayu bekas iya lebih mahal dikit,” ungkapnya, Senin (7/8/2023).

Dirinya mengaku karyanya kini banyak dilirik para pelaku wisata di wilayah Madura, salah satunya, rumah panggung untuk Wisata Edukasi di Desa Waru Barat, Pamekasan pada tahun 2022, kemarin.

Kemudian juga Wisata Padi – Padi yang berada di Desa Taman Jrengik Sampang tak luput dari kelihaiannya.

“Saya kaget karena yang saya buat ternyata sudah mulai menyebar kemana-mana. Waktu dipesan membuat itu, awalnya gak percaya. Setelah dikerjakan Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan,” ujar pria tiga anak ini.

Baca juga  Pemilu 2019,KPU Sampang Tetapkan 825.125 DPT

Menariknya, bisnis menurutnya bukan hanya menguntungkan untuk personal saja. Melainkan harus membawa manfaat untuk sesama.

“Kepuasan pelanggan itu yang saya jaga, saya berani merugi untuk membuat pelanggan saya betah, selain itu hasilnya juga bukan hanya semata-mata tapi berbagi begitu kepada yang membutuhkan.

Meski telah berhasil dengan usaha yang dia tekuni, namun pria low profile satu ini agak sedikit tertutup soal pendapatan total perbulan dari bisnis yang ditekuni.

“Jika minat nanti bisa langsung ke nomor WA saya di 081935130955 atas nama Moh. Syafi’ie, semoga kedepannya semakin lancar dan berkah usaha yang saya rintis,” pungkasnya. (red)