SAMPANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang menetapkan pasangan H. Slamet Junaidi – H. Abdullah Hidayat (Jihad) sebagai bupati Sampang terpilih pada Jum’at (7/12/2018) malam di gedung BPU Sampang. Penetapan tersebut disampaikan pada rapat pleno terbuka pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 38/PHP.BUP-XVI/2018.

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif menyampaikan, penetapan pasangan calon terpilih tersebut berdasarkan putusan MK. Diakuinya, dalam proses Pilkada Sampang banyak dinamika dalam setiap tahapan yang harus dilalui. Termasuk pemungutan suara ulang (PSU) yang dilaksanakan pada 27 Oktober lalu.

“Kita sangat bersyukur bisa menuntaskan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang setelah melalui tahapan panjang dari 2017 hingga kita melaksanakan PSU berdasarkan putusan MK,” ujarnya kepada taberita.com saat ditemui usai rapat pleno terbuka di Gedung BPU Sampang.

Lebih lanjut, dia menjelaskan ditetapkannya pasangan H. Slamet Junaidi – H. Abdullah Hidayat sesuai dengan ketentuan PKPU nomor 9 tahun 2016 tentang rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2018. Rapat pleno terbuka tersebut dilaksanakan tiga hari setelah pembacaan putusan MK.

“Alhamdulillah kita sudah menetapkan H. Slamet Junaidi dan H. Abdullah Hidayat Paslon nomor urut satu, selanjutnya (besok) kita akan ajukan pengesahan pengangkatan kepada DPRD Kabupaten Sampang,” lanjutnya.

Pantauan taberita.com, pembacaan berita acara penetapan Paslon terpilih dibacakan oleh Komisioner KPU Miftahur Rozaq.

Dalam berita acara nomor 214/BA/XII/2018 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang tahun 2018 tersebut diputuskan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih adalah pasangan calon nomor urut satu atas nama H. Slamet Junaidi – H. Abdullah Hidayat dengan perolehan suara 307.126, unggul dari Paslon nomor urut dua, Hermanto Subaidi-Suparto (Mantap) 245.768 suara dan Paslon nomor urut tiga, H. Hisan – H. Abdullah Mansyur (Hisbullah) 24.746 suara. Sementara total suara sah sebanyak 577.640 suara.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Bawaslu Kabupaten, DPRD, Pimpinan Parpol, Forkopimda, ormas NU dan Muhammadiyah, AKD, PPK se kabupaten Sampang. Paslon yang hadir hanya nomor urut satu, yakni H Slamet Junaidi-H Abdullah Hidayat (Jihad). Sementara Paslon nomor urut dua (Mantap) dan nomor urut tiga (Hisbullah) tidak terlihat di lokasi. (MH)

Berikan Komentar
No more articles