tutup
Kesehatan

Manfaat Kebun Bunga Matahari Pamekasan Selain Wisata

×

Manfaat Kebun Bunga Matahari Pamekasan Selain Wisata

Sebarkan artikel ini
Img 20181010 Wa0014
IMG 20181010 WA0014

PAMEKASAN– Dua bulan terakhir warga Madura dihebohkan oleh kemunculan kebun bunga matahari di Desa Montok, Kecamatan Larangan -Pamekasan. Banyak orang berbondong-bondong ke sana untuk berselfie ria dan melihat pemandangan.

Selain mempercantik pemandangan, ada manfaat lain bunga matahari untuk kesehatan. Dengan warna kuning cerah dan bentuk yang menyerupai matahari, bunga jenis ini punya manfaat yang bisa didapat dari kandungan minyak dan bijinya.

Img 20240409 Wa0073 Manfaat Kebun Bunga Matahari Pamekasan Selain Wisata

Vitamin pada biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau biasa dikenal sebagai kuaci, merupakan sumber nutrisi baik. Yaitu mengandung vitamin E yang juga dikenal sebagai gamma-tocopherol. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang banyak ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian, di mana kuaci merupakan salah satunya. Fungsi antioksidan yang banyak diketahui adalah untuk melawan kerusakan karena radikal bebas di dalam tubuh.

Suka ngemil? Sebaiknya ngemil kuaci, karena itu baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan zat di dalam kuaci mampu mengurangi kolesterol LDL dan mampu pula untuk mencegah hipertensi.

Selain itu, kandungan tinggi magnesium pada kuaci mampu menyeimbangkan kandungan kalsium dan kalium tubuh seimbang. Lalu, kandungan magnesium mampu untuk mencegah pengeroposan tulang dan membantu mengurangi sakit kepala kronis, sembelit dan kram pada otot.Penelitian telah banyak menunjukkan kalau antioksidan vitamin E sangat berguna untuk menjaga kulit agar tetep lembut dan sehat. Selain itu, kandungan lipid asam lemak esensial dari kuaci juga menjaga kulit tetap terhidrasi serta terbebas dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Baca juga  RSMZ Buka Medical Check Up Bagi Pelamar Anggota TNI dan POLRI

Nutrisi dalam kuaci bisa membantu menghentikan lonjakan dan penurunan gula darah yang dialami banyak orang akibat diet terlalu tinggi gula, biji-bijian olahan, minuman manis, dan makanan olahan. Misalnya manfaat magnesium yang telah ditemukan memiliki efek perlindungan terhadap risiko pengembangan diabetes tipe 2.

Manfaat minyak biji bunga matahari

Sebuah pedoman diet dari Department of Health and Human Service di Amerika menyatakan kalau sumber lemak yang ada dalam minyak bunga matahari bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan tetap seimbang. Karena, pada dasarnya, sebagian besar minyak bunga matahari mengandung lemak tak jenuh dan merupakan asupan padat nutrisi.

Minyak bunga matahari umumnya diproses dari esktrak biji bunga matahari. Minyak ini biasanya digunakan sebagai obat untuk sembelit dan untuk bahan masakan tertentu. Berikut ini merupakan 2 manfaat penting yang bisa Anda dapat minyak ekstrak yang juga terbuat dari kuaci:

 

1. Anti inflamasi

Jerawat terjadi ketika ada minyak berlebih dalam folikel di bawah kulit dan terinfeksi oleh bakteri. Vitamin A, C, D, E, dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak biji bunga matahari akan memberikan lapisan pelindung, yang mencegah kulit terhubung dengan bakteri. Karena itu, minyak bunga matahari juga bekerja sebagai obat yang efektif terhadap jerawat, dan penggunaan minyak ini bisa dioleskan secara langsung pada kulit.

Baca juga  Pernyataan Bupati Pamekasan Gadaikan Emas Dianggap Gimmick Pengalihan Isu Jual Beli Jabatan

2. Kaya akan omega 6

Setiap 1 sendok makan minyak bunga matahari mengandung setidaknya 8,9 gram asam linoleat, yang merupakan enam asam lemak tak jenuh ganda (omega- 6). Menurut Linus Pauling Institute, lemak jenis ini merupakan bagian penting dari diet yang sehat. Untuk mendapatkan manfaat omega-6 kita membutuhkan 11 sampai 14 gram omega-6 per hari.

Sudah tahu manfaat bunga matahari selain untuk selfie kan? Semoga sehat selalu. (mad)