tutup
Ekonomi

Mengintip Kampung Hewan Kurban di Pamekasan, Omset Warga Capai Jutaan Rupiah Per Hari

×

Mengintip Kampung Hewan Kurban di Pamekasan, Omset Warga Capai Jutaan Rupiah Per Hari

Sebarkan artikel ini
Salah Satu Warga Yang Memiliki Hewan Ternak Kambing Hendak Dijual.
Salah satu warga yang memiliki hewan ternak kambing hendak dijual.

PAMEKASAN – Menjelang hari Raya Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi warga Desa Laden, Kecamatan Pamekasan Kota, Kabupaten Pamekasan, Madura, lantaran banyaknya pesanan konsumen yang membeli hewan kurban.

Desa Laden tidak asing lagi dengan sebutan Kampung Hewan Kurban di Pamekasan, lantaran setiap tahunnya, mayoritas warganya memelihara dan menjual hewan kurban berupa sapi dan  kambing.

Img 20240409 Wa0073 Mengintip Kampung Hewan Kurban Di Pamekasan, Omset Warga Capai Jutaan Rupiah Per Hari

Tidak hanya menyediakan hewan kurban setiap tahunnya, para warga Desa Laden ini, juga menyediakan pemesanan hewan untuk akikah.

Menurut Dani, pemuda warga Desa Laden menyampaikan, Lades disebut Kampung Hewan Kurban lantaran mayoritas masyarakatnya memelihara kambing dan sapi untuk dijual saat Hari Raya Kurban maupun hari biasa.

Sudah dahulu kala saat sesepuh dari orang tua warga Desa Laden memelihara dan menjual hewan kurban, sehingga tradisi ini terbawa hingga ke anak cucunya sekarang.

Yang pelihara kambing dan sapi berbeda setiap warga Sesa Laden mas, ada yang memlihara 100 ekor kambing, ada juga yang fokus pelihara sapi paling banyak 30 pasang, untuk dijual saat menjelang Hari Raya Kurban maupun di hari biasa,” ucap Dani, warga Desa Laden.

Menurutnya, setiap hari omzet warga yang pelihara kambing dan sapi itu mencapai puluhan juta rupiah.

Setiap warga yang menjual hewan untuk kurban omzetnya bervariasi, ada yang sampai Rp20 juta hingga Rp40 juta perhari untuk penjualan hewan kambing dan sapi,” terangnya. (man)

Baca juga  Silaturahmi Bersama Masyarakat, Pj Bupati Pamekasan Lakukan Safari Ramadhan