tutup
Sains & Tekno

Pamekasan Smart Udah Launching, Lainnya Kapan?

×

Pamekasan Smart Udah Launching, Lainnya Kapan?

Sebarkan artikel ini
Pamekasan Smart
Bupati Badrut Tamam sedang mencoba aplikasi Pamekasan Smart. (Foto ig @pamekasanhebat - Taberita.com)

PAMEKASAN – Di bawah kepemimpinan Bupati Badrut Tamam dan Wakil Bupati Raje’e, Kabupaten Pameksan langsung melesat. Pemerintah Kabupaten Pamekasan udah ngelaunching aplikasi digital berbasis android bernama Pamekasan Smart untuk meningkatkan layanan pada masyarakat.

Pamekasan Smart ini jelas bikin Pamekasan di depan kabupaten lainnya di Madura. Para nitizen Pamekasan pun mengapresiasi dan seneng banget ada aplikasi itu. Sementara nitizen dari kabupaten lain bertanya-tanya dalam hati dan jari mereka di komen-komen media sosial: Bangkalan kapan? Sampang Kapan? Sumenep kapan?

Img 20240213 Wa0002 Pamekasan Smart Udah Launching, Lainnya Kapan?

Aplikasi Pamekasan Smart ini keren banget gaees. Di dalamnya ada banyak fitur. Di antaranya kesehatan, pendidikan, fasilitas umum, layanan umum, pemerintahan, wisata, penginapan, restoran, potensi daerah, bantuan, darurat dan e-lapak.  Di dalam setiap fitur itu ada data jumlah, lokasi, foto 360 dan petunjuk arah.

Pamekasan smart dilaunching Sabtu, 16 Februari 2019 malem di Taman Arek Lancor Pamekasan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pamekasan, Bahrun bilang: dasar hukum pelaksanaan program tersebut adalah Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Peraturan Bupati Nomor 18 Tahun 2018 terkait dengan pengembangan e-Government di Kabupaten Pamekasan.

Bahrun jelasin juga kalo aplikasi Pamekasan Smart ini diantaranya ada yang sifatnya informasi. Misalnya untuk kesehatan. Informasinya tenttang semua rumah sakit yang ada di Pamekasan dalam bentuk foto 360 derajat dan juga data-data tentang rumah sakit, puskesmas, bidan dan lain-lain. “Pendidikan juga menyajikan data-data tentang pendidikan tinggi, menengah, SD dan PAUD,” terangnya.

Baca juga  Di Internet Cowok Lebih Cerewet dan Kepo daripada Cewek

Selanjutnya Pamekasan Smart di bidang pelayanan umum memuat fitur e-lorong dan e-madhul. Dua fitur itu berfungsi buat tempat warga mengadukan masalah tertentu supaya segera direspon cepat sama dinas terkait. Baik soal kondisi jalan yang rusak yang perlu segera diperbaiki maupun masalah lainnya.

Dorong Kabupatenmu Bikin Seperti Pamekasan Smart

Pamekasan Smart Launching
Pamekasan Smart bakan nganter Pamekasan maju seperti kota lain di Indonesia. (Foto ig @pamekasanhebat)

Saat launching, Bupati Pamekasan Badrut Tamam mengatakan aplikasi Pamekasan Smart itu bisa difungsikan sebagai bagian dari cara berkomunikasi antara rakyat dengan pemerintah daerah. Sehingga bisa mempercepat pelayanan. Dengan aplikasi itu Badrut berharap Kabupaten Pamekasan bisa bersaing dengan kabupaten-kabupaten maju lain di Indonesia. Terutama di era industri 4.0 dan menuju Pamekasan Hebat.

“E-Mamadhul Bupati ini ada supaya masyarakat dapat segera menyampaikan sesuatu. Meski pun tidak langsung bertemu saya atau wakil bupati,” tutur Badrut.

Taberita.com udah download dan install aplikasi Pamekasan Smart itu gaess. Meski ada yang masih beta, secara keseluruhan aplikasi itu oke punya. Kalian yang tinggal ato warga Pamekasan jelas harus install aplikasi ini.

Dan buat kalian yang ada di kabupaten lain di Madura, cepetan dorong bupati dan wakil bupati kalian supaya bikin aplikasi yang sama. Ini sudah era digital gaess, kalo pemerintah kalian masih seperti di jaman batu, otak kamu kapan majunya gaess. (ve)