Tips & Trik Belanja di Pasar Tumpah Madura

7
Pasar tumpah Madura
Pasar tumpah Madura adalah tempat terlengkap berbagai hasil bumi lokal. (Foto marketeers.com)

SUMENEP – Madura yang katanya orang-orang gersang meranggas sebenernya subur loh gaess. Gak percaya? Lihat kalo ada pasar tumpah. Bermacam hasil bumi dijual di sana.

Apalagi kalo musim hujan kayak sekarang ini. Buah apa yang gak ada di pasar tumpah. Makanya jangan heran kalo pasar di Madura sampe tumpah-tumpah ke jalan raya dan bikin macet kayak ada si komo lewat.

Nah, karena pasar tumpah ke jalan, maka gak sedikit orang lewat memutuskan berhenti karena pengen beli. Nah, berikut ini tips dan trik kalo kamu mau beli sesuatu di pasar tumpah.

1. Jadilah Penawar Berdarah Dingin

Beli apapun di pasar tumpah harus siap mental. Ya, mental untuk menawar dengan kejam. Jadilah penawar berdarah dingin, tanpa belas kasihan. Soalnya, biasanya harga barang di pasar tumpah itu naiknya sampe 2-3 kali lipatnya. Kalo mental kamu kuat, kamu bisa dapatin barang belanjaan di harga termurah.

2. Jangan Kelihatan Turun dari Mobil

Kalo kamu turun dari mobil dan kelihatan sama pedagang, maka harga barang yang akan kamu beli akan langsung semahal harga barang di mall. Jadi, parkirlah jauh-jauh mobilmu kalo mau belanja di pasar tumpah.

3. Pake Pakaian Sederhana

Meski kamu gak kelihatan turun dari mobil, harga barang di pasar tumpah akan jadi muahal kalo pakaianmu mewah. Pokoknya gaess, jangan banyak gaya kalo belanja di pasar tumpah. Kalo perlu pakai baju compang-camping supaya kamu bisa belanja dengan harga murah meriah. Karena pedagang di Madura itu jiwa sosialnya tinggi. Bahkan kamu bisa dapet barang gratis kalo pedagangnya baperan.

4. Dimakan di Tempat Aja

Seandainya kamu mau beli buah duren, kupas dan makan lah di tempat. Supaya gak nyesel, sampe di rumah ternyata buah yang kamu beli di pasar tumpah ternyata gak enak ato busuk. Pedagang Madura itu konsisten banget loh. Kalo ada pembeli gak puas makan sesuatu di tempatnya berjualan, insya Allah diganti yang lebih baik. Ato kalo mau dibungkus, kupas di tempat dan bawa pulang isinya aja.

5. Cepat Kabooor Setelah Transaksi

Setelah kamu dapatin sesuatu dengan harga yang miring kebanting: bayar, periksa kembalian dan segera menyingkir. Gak usah sok akrab sama penjualnya. Karena si penjual biasanya udah jutek aja mukanya. Nah, dalam kondisi itu segera kaboor sebelum kemarahan si penjual meledak. Kaboornya pelan aja, kalo kecepatan bisa dikira maling dan kamu akan berakhir karena dihajar orang sepasar.

Tips dan trik tadi itu sebenernya gak hanya berlaku di pasar tumpah Madura, bisa berlaku di seluruh dunia. Dan di tempat-tempat jualan tradisional pinggir-pinggir jalan. Soalnya, perilaku dagang itu kan sama. Tapi di daerah tertentu perilaku pedagangnya emang gemesin. (ve)

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)