9 Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan

1 RGbFrxz7MPmJFrUcM5stWg
1 RGbFrxz7MPmJFrUcM5stWg

SAMPANG – Kucing termasuk hewan yang lembut, mandiri dan penuh kasih sayang, dan sementara kucing membutuhkan perhatian yang jauh lebih sedikit daripada anjing dan sering menjaga diri mereka sendiri, memiliki kucing atau anak kucing dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Dikutip buku ReSYNC Your Life Samir Becic berikut 10 Manfaat memelihara kucing untuk kesehatan

Mengurangi stres dan kecemasan: 

Memiliki kucing dapat menenangkan dan memicu bahan kimia yang menenangkan di dalam tubuh, mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Kucing dikenal memiliki tingkat pemeliharaan yang rendah, sehingga sesi pengelus sederhana sering kali cukup untuk menenangkan pemilik dan mengalihkan perhatian mereka dari kekhawatiran lain.

Mengurangi risiko stroke: 

Studi menunjukkan bahwa pemilik kucing memiliki risiko lebih kecil untuk terserang stroke daripada pemilik hewan peliharaan lainnya. Ilmuwan berspekulasi ini juga karena kepemilikan kucing yang kurang pemeliharaan.

Manfaat terapeutik:  

Efek menenangkan dari memiliki kucing memicu pelepasan oksitosin, hormon yang dikenal untuk mendorong perasaan cinta dan kepercayaan. Orang-orang yang mengalami masa kesedihan atau perkabungan yang sulit melaporkan bahwa berbicara dengan hewan peliharaan mereka membantu mengatasi perasaan mereka, karena sering kali lebih mudah untuk berbicara dengan sesuatu yang tidak akan merespons dan tidak bisa dinilai daripada manusia lain. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak dengan autisme lebih cenderung kurang cemas dan tenang saat mengelus kucing.

Meningkatkan imunitas:  

Paparan bulu hewan peliharaan dan bulu di rumah menghasilkan peningkatan resistensi terhadap alergen, mengurangi risiko alergi dan asma.

Menurunkan tekanan darah:  

Pemilik kucing diketahui memiliki tekanan darah lebih rendah daripada pemilik non-kucing karena kehadiran kucing yang menenangkan. Satu studi dilakukan dengan ruangan yang penuh dengan pemilik kucing. Dalam studi tersebut, pemilik akan berbicara keras-keras, yang secara alami meningkatkan tingkat tekanan darah, tetapi ketika pemilik diamati berbicara dengan kucing mereka, tekanan darah mereka tetap konstan.

Mengurangi risiko penyakit jantung dan serangan jantung :

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Minnesota Stroke Institute di Minneapolis telah menunjukkan bahwa mereka yang tidak memiliki kucing 30-40% lebih mungkin meninggal karena serangan jantung daripada rekan-rekan mereka yang memiliki kucing.

Menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol:

Kadar trigliserida dan kolesterol yang tinggi berkontribusi pada penyakit jantung dan merupakan gejala diabetes tipe 2 serta stroke, penyakit hati dan ginjal. Secara alami, penurunan tingkat ini menyebabkan penurunan risiko penyakit ini.

Tingkatkan kemampuan bersosialisasi :

Kepemilikan Cat memberikan permulaan percakapan yang alami dan dapat meningkatkan kemampuan pemilik untuk bersosialisasi. Satu studi mengungkapkan bahwa wanita lebih tertarik pada pria yang memiliki kucing karena kepemilikan kucing sering menunjukkan kepekaan dan kecerdasan.

Memberikan rasa persahabatan:  

Memiliki kucing mengurangi perasaan kesepian. Meskipun kucing sering dikenal karena kemandiriannya, ikatan antara kucing dan pemiliknya memperkuat persahabatan. Sebuah penelitian di Swiss yang dilakukan pada tahun 2003 mengungkapkan bahwa memiliki kucing mirip dengan memiliki pasangan yang romantis.

Itulah 9 manfaat memelihara kucing untuk kesahatan, jadi kapan nih mulai meminang kucing untuk menjadi hewan peliharaan (ber)

Berikan Komentar

Vote Artikel Ini

0 0