tutup
Gaya Hidup

Ini Empat Perbedaan Ikan Sarden dan Makarel

×

Ini Empat Perbedaan Ikan Sarden dan Makarel

Sebarkan artikel ini
Ikan Sarden Dan Makarel
Ikan Sarden Dan Makarel

Jika mendengar makanan kaleng tentu kita ingat dengan ikan sarden. Ternyata bukan ikan sarden saja loh yang biasa dijadikan makanan kaleng. Ada juga ikan makarel.
Sebenarnya apa sih bedanya dua ikan yang biasa dijadikan makanan kaleng ini? Berikut rangkuman dari taberita.com.

1. Ikan Dari Jenis berbeda
Makarel umumnya adalah ikan yang hidup di laut Atlantik, dan masuk dalam keluarga ikan kembung serta tenggiri atau klan Scombridae. Ikan ini mampu hidup di kedalaman 1000 meter di laut. Sedangkan Sarden adalah ikan yang hidup di laut mediterania, dan termasuk dalam keluarga jenis Clupeidae. Ikan ini hidup secara bergerombol di permukaan laut.

Img 20240409 Wa0073 Ini Empat Perbedaan Ikan Sarden Dan Makarel

2. Bentuk Ikan Berbeda
Sarden berbentuk kecil, tidak bisa membesar dan tubuhnya berlapis sisik perak kecil dengan daging berwarna gelap, dan dengan warna punggung biasanya hijau dan biru. Sementara makarel, tubuhnya ramping panjang dan terdapat garis-garis hitam di sisi tubuh kanan dan kirinya. Bahkan ukurannya bisa membesar, misalnya jenis makarel sirip hiu atau bluefin. Ikan makarel tidak bersisik perak layaknya sarden.

3. Harganya Berbeda
Makarel umumnya lebih mahal karena cara menjaringnya pun lebih sulit. Karena ia biasa hidup di perairan dalam. Sedangkan Sarden mudah ditangkap, karena hidup bergerombol, dan tidak di perairan dalam. Bahkan bisa ditangkap di perairan Indonesia.

4. Dampak pada Kesehatan
Sarden lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan makarel karena dari daftar temuan BPOM, rata-rata jenis yang bercacing parasit adalah ikan makarel impor, walau makanan kaleng lokal tapi dari jenis ikan makarel rentan juga terkena cacing. Walau begitu ikan kalengan ini mempunyai nutrisi dan gizi yang berguna bagi tubuh manusia. Karena termasuk ikan laut ikan ini juga memiliki omega 3 yang tinggi, bahkan beberapa vitamin yang di perlukan untuk perkembangan tubuh dengan mengonsumsi ikan.

Baca juga  Cafe di Pamekasan, Makin Banyak dan Rame

Bagaimana? Mau pilih Sarden atau Makarel? Atau cukup ikan segar saja karena di Madura masih banyak nelayan yang menjual ikan segar.