tutup
Berita

Jemaah Haji Asal Bangkalan Tiba di Asrama Sukolilo Surabaya

×

Jemaah Haji Asal Bangkalan Tiba di Asrama Sukolilo Surabaya

Sebarkan artikel ini
Para Jemaah Haji Asal Bangkalan Tiba Asrama Haji Embarkasi Di Surabaya
Para jemaah haji asal Bangkalan tiba asrama haji embarkasi di Surabaya

SURABAYA – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) kloter pertama asal Kabupaten Bangkalan sudah tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Selasa, (23/05/23).

CJH asal Bangkalan tersebut tiba pada pukul 09.00 WIB dan para jemaah terlihat antusias dan bahagia jelang pemberangkatan ibadah Haji ke tanah Suci.

Img 20240409 Wa0073 Jemaah Haji Asal Bangkalan Tiba Di Asrama Sukolilo Surabaya

Pantauan dilapangan, dilansir VivaJatim, sesaat setelah satu persatu jamaah haji turun dari bus, jamaah sebanyak 445 itu langsung berkumpul ke Hall Mina untuk mendapatkan pembekalan.

Di dalam hall, petugas memberikan tempat duduk khusus pada barisan pertama bagi para jamaah dengan status resiko tinggi (risti), seperti kelompok lanjut usia (lansia), dan penderita penyakit tertentu.

Salah satu jamaah berstatus resti adalah Siti Holifah (60) mengalami penyakit stroke yang ia alami tidak menyurutkan niatnya untuk melaksanakan rukun islam yang kelima ini.

“Ya mudah mudahan dapat melaksanakan haji dengan sempurna,” katanya singkat.

Untuk itu, dia akan melaksanakan seluruh instruksi petugas kesehatan dengan menjaga kesehatan, yakni secara rutin dan teratur mengkonsumsi obat yang diberikan. “Ya persiapkan kesehatan (jaga kesehatan, red), sudah dikasih obat,” imbuhnya.

Sementara itu, petugas kesehatan kloter pertama asal Kabupaten Bangkalan, Iik Sriyanto mengakui jika para petugas telah diberikan pembekalan khusus bagaimana bisa mendampingi lansia ini.

“Kendala ada, bagaimana masing masing lansia dengan berbagai permasalahannya, ya dengan ijin Allah, semuanya InsyaAllah dilancarkan,” katanya

Baca juga  Ketua PCNU Bangkalan Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Wilayah Jelang Pilkades Serentak

Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram menjelaskan, kloter pertama ini sebanyak 445 jamaah haji dan 5 petugas haji. Sebanyak 174 jamaah diantaranya berstatus lansia atau berusia diatas 60 tahun.

“Tapi kenyataannya Alhamdulillah walaupun umur 60 tahun sehat semuanya, itu yang duduk di depan itu yang resti resti resiko tinggi, maka disendirikan,” terangnya.

Dijelaskan Husnul Maram, bahwa Kanwil Kemenag Jatim bekerjasama serta melibatkan 10 Kementerian dan Lembaga dalam proses haji tahun 2023 ini.

“Ini kloter pertama Alhamdulillah sudah kita layani dengan baik. Dan jamaah hajinya 445 dari Kabupaten Bangkalan, ditambah 5 petugas sudah lengkap semua,” tutupnya. (ang)