tutup
Berita

Launching Penerapan TTE, Baznas Dukung Digitalisasi Transformasi Pemkab Sampang

×

Launching Penerapan TTE, Baznas Dukung Digitalisasi Transformasi Pemkab Sampang

Sebarkan artikel ini
Bupati Sampang Melaunching Tte Yang Diterapkan Di Baznas.
Bupati Sampang melaunching TTE yang diterapkan di Baznas.

SAMPANG – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sampang resmi melaunching penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 23 di Pendapa Trunojoyo, Rabu (17/1/2024).

Ketua BAZNAS Sampang KH. Abd. Rouf Al-Hitami menyampaikan bahwa penerapan TTE termotivasi dari upaya Pemerintah Kabupaten Sampang yang telah menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Img 20240409 Wa0073 Launching Penerapan Tte, Baznas Dukung Digitalisasi Transformasi Pemkab Sampang

Bahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Sampang telah menerapkan TTE sehingga BAZNAS Sampang juga termotivasi untuk melakukan hal tersebut sebagai upaya transformasi digital.

Menurutnya, Baznas Sampang menjadi Baznas yang pertama di Indonesia yang menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE).

Langkah tersebut juga didukung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang yang dilanjutkan pembuatan akun di aplikasi SRIKANDI.

Kiai Rouf kemudian mengatakan bahwa selanjutnya penerbitan sertifikat tanda tangan elektronik oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) BSSM dengan dibantu oleh Dinas Kominfo Sampang.

Menurutnya, dengan diterapkannya TTE dapat mempermudah dan mempercepat pembuatan surat keluar dan masuk, sehingga naskah dinas lebih efisien dalam pengadministrasiannya.

“Selain itu juga dapat mengurangi penggunaan kertas dalam kegiatan administrasi,” ungkapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Sampang Amrin Hidayat mengapresiasi Baznas Sampang yang telah menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) sebagai bukti semangat dalam melakukan digital transformation dalam tata kelola administrasi.

Melalui TTE tersebut, BAZNAS Sampang telah dapat berkolaborasi secara utuh kedalam aplikasi SRIKANDI yang memfasilitasi distribusi dokumen dengan mitra kerja, manajemen internal seperti pendelegasian tugas melalui disposisi melalui sistem dan pengelolaan kearsipan dinamis yang terintegrasi.

Baca juga  28 Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih di Kabupaten Sampang Dikukuhkan

“Transformasi digital yang telah dilakukan oleh BAZNAS Sampang ini semoga menjadi trigger kepada institusi lain seperti BUMD dan organisasi lainnya untuk segera menerapkan TTE dalam melakukan penandatanganan terhadap suatu dokumen,” harapnya

Amrin juga menyampaikan bahwa penerapan transformasi digital akan membawa dampak positif berupa tercapainya asas efektif dan efisien dalam pengelolaan administrasi.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada BAZNAS Sampang yang telah menerapkan TTE dan semoga membawa kemaslahatan dan kemajuan Kabupaten Sampang,” tutupnya. (red)