Pj Bupati Sampang Sidak Ambruknya Tiang Pancang Kali Kemoning

492
Photo_1537429022363
Photo_1537429022363

SAMPANG – Sheet pile atau beton tiang pancang normalisasi kali Kemoning Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, ambruk hingga putus.

Beton pancang yang berlokasi di Jl. Panglima Sudirman tersebut bagian dari pekerjaan normalisasi sungai untuk pengendalian banjir yang sering melanda wilayah perkotaan Sampang.

Pj. Bupati Sampang, Jonathan Judianto melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk mengetahui faktor ambruknya sheet pile yang terjadi di bantaran sungai.

Indikasi yang menyebabkan ambruknya sheet pile, dimungkinkan karena adanya sumber yang bertepatan dengan titik pengerjaan.

“Ternyata tidak diketahui dasarnya atau tidak terdeteksi sejak awal jika ada sumur di titik pengerjaan sheet pile,” ujarnya, Kamis (20/9/2018).

Disampaikan, titik lokasi sheet pile yang ambruk berdampak hingga sepanjang 12 meter. Serta akan dites supaya dapat ditemukan faktor apa saja yang menjadi penyebab utamanya. “Apakah dari sumber atau dari pemukiman. Jadi, perlu dites lagi sampai diketahui penyebabanya dengan cara dikeruk dan diputus,” imbuhnya saat Sidak lokasi.

Lebih lanjut, ukuran panjang sheet pile yang ditancapkan ke dalam tanah mencapai 16 meter.

“Cuma, kedalaman dari titik elevasi ke dalam tanah hanya 10 meter. Sisanya, dari permukaan tanah ke atas mencapai 6 meter,” tutur Pria yang akrab disapa Pak Jo.

“Tentunya, perbaikan pekerjaan diperkirakan selama satu bulan sampai sheet pile terdampak dapat dipastikan betul-betul aman,” pungkasnya. (AR)

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)