tutup
Berita

Viral Video Warga Saat Terima Amplop Berisi Uang Bergambar Caleg DPR RI Dapil Madura

×

Viral Video Warga Saat Terima Amplop Berisi Uang Bergambar Caleg DPR RI Dapil Madura

Sebarkan artikel ini
Salah Satu Warga Saat Menunjukkan Amplop Berisi Uang Bergambar Caleg Dpr Ri Dapil Madura.
Salah satu warga saat menunjukkan amplop berisi uang bergambar Caleg DPR RI Dapil Madura.

SUMENEP – Viral video dugaan money politic (politik uang) yang dilakukan salah satu calon legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Madura dari Partai Golkar bernama Akhmad Ma’ruf di Desa Legung, Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep.

Dalam video tersebut, terlihat warga saat membuka amplop bergambar Caleg Akhmad Ma’ruf berisi uang ratusan ribu.

Img 20240409 Wa0073 Viral Video Warga Saat Terima Amplop Berisi Uang Bergambar Caleg Dpr Ri Dapil Madura

Saat dikonfirmasi, Divisi Pendataan Pelanggaran dan Data Informasi (PPDati) Bawaslu Sumenep Addahrariyatul Maklumiyah mengaku akan segera menyelidiki kebenaran sekaligus potensi pelanggaran politik uang itu.

Pihaknya menyebut jika akan melakukan penyelidikan demi menghindari adanya dugaan kuat praktik politik uang jelang hari pencoblosan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Meski demikian, ia menilai video tersebut dibutuhkan pembuktian bahwa terdapat pelanggaran pemilu dalam hal ini politik uang.

Dirinya menjelaskan bahwa amplop berisi uang tersebut masuk kategori pelanggaran pemilu jika dibagikan langsung oleh Caleg atau tim pemenangan yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kami telusuri siapa yang membagikan dan apakah ada unsur ajakan,” ungkap pria yang akrab disapa Ahrari dikutip dari Madurapost.net, Senin (12/2/2024).

Diketahui, Akhmad Ma’ruf menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kepulauan Riau (Kepri) yang maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Madura.

Akhmad Ma’ruf diketahui memiliki sejumlah bisnis besar yang saat ini digeluti, mulai dari industrial estate atau kawasan industri, manufacturing atau pabrik plastik dan pipa, mining atau tambang granit dan terakhir industri Energi Baru Terbarukan (EBT) ekspor listrik ke Singapura dan data centre. (red)

Baca juga  Demo Pemkab Bangkalan, Aktivis Mahasiswa Soroti Masalah Pendidikan dan Pertanian