tutup
ght="300">
Berita

Menkominfo Bakal Bentuk Tim Pengawas Medsos

×

Menkominfo Bakal Bentuk Tim Pengawas Medsos

Sebarkan artikel ini
Budi Arie Setiadi Saat Dilantik Sebagai Menkominfo Oleh Presiden Jokowi. (Antara Foto)
Budi Arie Setiadi saat dilantik sebagai Menkominfo oleh Presiden Jokowi.

JAKARTA – Pasca dilantik sebagai Menkominfo oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7). Budi Arie Setiadi bakal membentuk pengawas media sosial (medsos).

Alasan dibentuknya pengawas medsos karena banyaknya konten medsos yang meresahkan masyarakat.

Pihaknya mengatakan sejauh ini baru ada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang tugasnya hanya mengawasi konten penyiaran televisi hingga radio, sementara itu belum ada lembaga atau tim yang mengawasi media sosial.

“Sekarang konten-konten yang meresahkan itu kan bentuknya macam-macam, karena teknologi itu kan berkembang, dan mungkin pada waktunya kita akan perlu pengawas medsos, siber, untuk mengawasi konten-konten di media sosial,” kata Budi Arie beberapa waktu lalu.

Baca juga  Sasaran Pekan Imunisasi Polio di Sumenep Belum Mencapai Target

Budi Arie menambahkan jika pengendalian platform yang dianggap meresahkan masyarakat menjadi tugas dan tanggung jawab dari Kominfo.

Dengan semakin dekatnya Pemilu 2024, Kominfo dituntut menjaga dunia maya kondusif dan bebas konten negatif macam informasi palsu alias hoaks.

“Kominfo juga perlu berinovasi dan berkembang mengikuti kemajuan teknologi. Harapannya bisa menghasilkan cara penanganan konten medsos yang lebih antisipatif,” imbuhnya. (red)