tutup
Budaya

Berburu Angpao Imlek 2019 di Pecinan Madura Kuy!

×

Berburu Angpao Imlek 2019 di Pecinan Madura Kuy!

Sebarkan artikel ini
2014012416001290006 1 2.Jpg Berburu Angpao Imlek 2019 Di Pecinan Madura Kuy!
Keluarga Iyok dan Singkek. (Gambar belajartionghoa.com)

SAMPANGImlek 2019 atau tahun baru Cina jatuh pada 5 Februari 2019. Kita semua menikmati hari libur karena pemerintah menetapkan warna red di hari ini.

Mumpung libur gini, daripada bengong, chating gebetan gak ada yang bales ‘mending nyoba nambah penghasilan gaes. Caranya gampang, coba deh kamu jalan-jalan ke daerah pecinan di kotamu. Trus kalo ketemu Iyok-iyok atau Singkek segera ucapkan: Gong Xi Fa Cai.

Img 20240213 Wa0002 Berburu Angpao Imlek 2019 Di Pecinan Madura Kuy!

Pas lagi Imlek 2019 gini ini biasanya para Iyok dan Singkek jadi dermawan gaes. Bagi-bagi angpao ato bingkisan. Lumayan kan.

Kalo kamu bingung di mana pusat Iyok dan Singkek-Singkek itu, Taberitacom akan coba beri petunjuk lokasi. Selanjutnya searching di google map aja yeh.

Pemukiman Cina biasanya tempatnya disebut pecinan. Bukan karena banyak yang jual hape Cina, tapi karena di lokasi pecinan itulah mereka tinggal dan biasanya punya toko.

Di Bangkalan, Pecinan ada di Jalan Panglima Sudirman. Jalan ini rame banget kalo hari biasa soalnya kanan kirinya pertokoan dan sepertinya Singkek semua pemiliknya. Para Singkek ini jualan alat elektronik, kasur, emas, makanan, macem-macemlah pokoknya.

Sampang adalah satu kabupaten di Madura yang sedikit banget Singkeknya. Pertokoan rame di Sampang bukan punya Singkek, tapi banyak dipunyai warga asli Sampang. Tapi di Sampang tetep banyak konter jualan hape Cina gaees..

Baca juga  Kabar Bahagia, Parade Daul Combodug di Sampang Akan Digelar Saat Malam Hari Raya Ketupat

Pecinan Pamekasan ada di Jalan Niaga. Seperti namanya, Jalan Niaga adalah salah satu pusat perdagangan di Pamekasan. Banyak Singkek bisa tampak di sini.

Kalo Sumenep gaaes, bisa dibilang gudangnya Singkek. Keturunan Tionghoa di Sumenep uda nyebar ke mana-mana. Soalnya Singkek di Sumenep sudah ada sejak lama. Mereka sudah berakulturasi dan menyatu dengan masyarakat Sumenep.

Dari sedikit petunjuk di atas, seharusnya kamu sudah bisa ambil kesimpulan di mana kamu bisa beroperasi. Ya beroperasi mengucapkan Gong Xi Fa Cai dalam rangka Imlek 2019 ini. Begitu ketemu orang yang mirip Iyok ato Singkek, langsung aja kata kuncinya: Gong Xi Fa Cai. Sapa tau angpao dilayangkan ke kantongmu.

Oiya, biar gak salah paha eh paham soal Iyok dan Singkek. Iyok itu adalah panggilan akrab orang asli Madura ke orang keturunan Tionghoa. Sementara Singkek itu sebenernya berawal dari kata Sin (baru) dan Kek (tamu) yang berarti tamu baru. Sebab  para Singkek ini diketahui datang ke Indonesia sejak tahun 1920-an. (ano)