Pendidikan

Disdik Gelar OSN Tingkat SMP se-Kabupaten Sampang

Peserta Osn Tingkat Smp Se-Kabupaten Sampang. (Fota:dimas Syah Fachlevi)
Peserta OSN tingkat SMP se-Kabupaten Sampang. (Fota:Dimas syah Fachlevi)

SAMPANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sampang menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten 2023 jenjang SMP. Kegiatan OSN tersebut untuk mempersiapkan para siswa mengikuti olimpiade di tingkat provinsi hingga nasional.

Salah satu peserta OSN, Ascarya Fakhira Citra Calya mengaku senang karena bisa menjadi salah satu perwakilan dari SMPN 1 Sampang.

“Semoga saya mendapatkan nilai yang tinggi agar bisa lolos lima 5 untuk melaju ke tingkat Provinsi,” harapnya.

Staf Penyelenggaraan SMP, Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, M. Priya Dwi Cahyana, A.Md.Kom selaku koordinator kegiatan OSN menyampaikan total keseluruhan siswa yang ikut OSN sebanyak 260.

“Ada tiga mata pelajaran yaitu, IPA, Matematika dan IPS. Ujian dimulai dari kemarin hari selasa dan sekarang merupakan hari kedua,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sampang, Teguh Suparyanto menyampaikan, gelaran OSN disamping menambah pengalaman, juga untuk menguji mental siswa sebelum menuju ke tingkat selanjutnya jika lolos seleksi.

“Kami sangat bangga sebagai tuan rumah, karena Dinas Pendidikan telah memilih SMPN 1 Sampang sebagai lokasi OSN. Semoga ruangan dan fasilitas yang kami berikan bisa memberikan rasa nyaman kepada peserta OSN,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, Edi Subinto mengatakan bahwa lokasi OSN dibagi menjadi dua tempat yaitu di SMP 1 sampang dan SMPN 1 Ketapang.

“Ujian OSN secara online/daring untuk tingkat kabupaten, untuk tingkat nasional secara luring. Tingkat kabupaten akan dipilih lima besar. Setelah itu melaju ke tingkat provinsi di tanggal 26-27 Juni,” tuturnya.

Ia menerangkan, jika di tingkat provinsi lolos maka akan lanjut ke nasional. Sebelumnya Kabupaten Sampang pernah ke tingkat nasional di tahun 2018.

“Semoga siswa Sampang bisa meraih prestasi dan memotivasi siswa lainnya, untuk sama-sama belajar dan cari pengalaman,” terangnya.

Selain itu menurutnya kegiatan ini sebagai langkah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi Sains Nasional mapel (IPA, IPS, Matematika). (dim)

Exit mobile version