tutup
Pendidikan

Pemkab Sumenep Gelontorkan 1,3 Miliar Beasiswa, Sasar 520 Mahasiswa Kurang Mampu

×

Pemkab Sumenep Gelontorkan 1,3 Miliar Beasiswa, Sasar 520 Mahasiswa Kurang Mampu

Sebarkan artikel ini
Penyerahan Beasiswa Kepada Mahasiswa Tahun Anggaran 2023 Silam.
Penyerahan Beasiswa kepada Mahasiswa Tahun Anggaran 2023 silam.

SUMENEP – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sampang akan memyerahkan beasiswa kepada 520 Mahasiswa kurang mampu.

Kepala Dinsos P3A Sumenep Drs Achmad Dzulkarnain melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial (Kabid Resos) Fajarisman menyampaikan bahwa anggaran tahun 2024 yang melekat di Dinas Sosial bidang Resos kepada beasiswa Mahasiswa sebanyak 520.

Img 20240409 Wa0073 Pemkab Sumenep Gelontorkan 1,3 Miliar Beasiswa, Sasar 520 Mahasiswa Kurang Mampu

“Tahun 2024 ini ada 520 mahasiswa kurang mampu yang akan mendapatkan beasiswa,” kata Fajarisman, Jum’at (26/01/2024).

Fajarisman merinci bahwa sebanyak 516 mahasiswa akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 2.500.000 dan 4 mahasiswa mendapatkan beasiswa sebesar Rp 2.000.000.

“Total anggarannya 1,3 Miliar, kami akan akan melakukan verifikasi dan validasi langsung ke rumah yang bersangkutan agar tepat sasaran,” ungkapnya.

Beasiswa tersebut menurut hanya diperuntukkan bagi keluarga mahasiswa kurang mampu, bukan beasiswa prestasi, kompetensi, seni, maupun potensi yang lain.

Selain itu kata Fajarisman, calon penerima bantuan tidak sedang menerima beasiswa dari manapun, dan bukan anak pegawai negeri, atau TNI/Polri.

Setelah dilakukan verval ke rumah calon penerima beasiswa akan dilanjutkan dengan pencocokan data yang ada di lembaga perguruan tinggi yang bersangkutan.

“Kami buatkan matrik dan kami sampaikan ke lembaganya dan minta pernyataan resmi dari lembaga perguruan tingginya apakah calon penerima beasiswa tersebut masih aktif kuliah dan tidak menerima beasiswa yang lain,” tuturnya.

Beasiswa tersebut menurutnya berlaku kepada mahasiswa asli Sumenep, baik yang kuliah di Kabupaten Sumenep maupun yang di luar Kabupaten Sumenep.

Baca juga  PLN Sumenep di Antara Pelanggan Bokek dan Listrik Gratis

“Tujuan program beasiswa santri ini adalah untuk meningkatkan, sumberdaya manusia, mengatasi putus perkuliahan, serta meningkatkan derajat bagi kesejahteraan masyarakat Sumenep,” pungkasnya. (man)