Berita unik, politik, ekonomi, wisata, budaya, hukum dan pendidikan dari Madura. Meliputi Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep serta berita Jawa Timur dan Nasional

Ini Penyebab Pilek dan Cara Mengatasinya.

- Advertisement -

BANGKALAN – Hidung tersumbat adalah salah satu gejala yang paling mengganggu saat pilek. Hal yang paling mengganggu saat sedang pilek adalah hidung tersumbat. Bagaimana tidak, aktivitas dan tidur menjadi sangat terganggu karena Anda menjadi sulit bernapas.

Dikutip Dari KlikDoktercom, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan hidung sering tersumbat saat pilek.

1. Infeksi virus

- Advertisement -

Pilek terjadi karena infeksi virus yang menyebabkan peradangan pada saluran napas atas, mulai dari hidung hingga tenggorokan. Bahkan, terkadang infeksi virus ini juga dapat menimbulkan gejala pada telinga. Pilek umumnya merupakan salah satu gejala dari flu, atau disebut juga dengan common cold.

2. Peradangan di area hidung

Karena peradangan yang ditimbulkan oleh virus menyerang rongga hidung, maka sel-sel sistem kekebalan tubuh akan berusaha melawan dan memusnahkan virus tersebut dari dalam tubuh.

Lalu ini cara mengatasinya.

1. Perbanyak Minum Cairan.

Tidak hanya air putih, Anda bisa minum cairan dalam bentuk minuman hangat, teh, jahe panas, sup ayam, atau minuman buah.

2. Menghirup Uap Hangat.

Anda bisa menghirup uap hangat yang dihasilkan dari air yang sudah dimasak sampai mendidih. Hiruplah perlahan dan hati-hati, agar hidung Anda tidak melepuh.

3. Bilas Hidung dengan Air Garam.

Metode ini dipercaya dapat melegakan hidung tersumbat dan menghilangkan virus serta bakteri yang berada di dalam hidung.

4. Buang Cairan Hidung (Ingus).

Buang cairan hidung atau ingus Anda secara tepat dan teratur, yakni dengan menutup aliran udara dengan jari di salah satu lubang hidung ketika Anda membuang ingus dengan lubang satunya.

5. Tidur Dengan Bantal Ekstra.

Tidurlah dengan dua bantal di bawah kepala. Menjaga kepala Anda untuk tetap miring dapat membantu bernapas lebih lega dan meringankan saluran hidung yang tersumbat.

6. Mengonsumsi obat-obatan medis seperti dekongestan, antihistamin, paracetamol, ibuprofen, dan naproxenjuga dapat membantu meredakan saluran hidung tersumbat sebelah atau menyeluruh. Anda dapat mengonsumsi vitamin C dan zinc untuk mempercepat penyembuhan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk pemakaian atau berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu. (ve)

Sumber klikdokter.com – alodokter.com

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments
Loading...