tutup
Pendidikan

Laporan dari Filipina: Solidaritas di Angkutan Jeepney

×

Laporan dari Filipina: Solidaritas di Angkutan Jeepney

Sebarkan artikel ini
Images 14 1 2.Jpg Laporan Dari Filipina: Solidaritas Di Angkutan Jeepney

FILIPINA – Di Filipina ada angkutan yang namanya jeepney (kendaraan seperti angkot). Penumpangnya langsung bayar ke sopir, gak ada kernet.

Penumpang angkutan ini sebenernya biasa aja langsung kabur setelah sampai di tujuannya. Tapi bukannya kabur mereka langsung bayar ke sopir sesuai tarif. Mereka mungkin sadar, kalo kabur nanti mereka pasti dilupakan. Seperti kenangan ;(

Img 20240409 Wa0073 Laporan Dari Filipina: Solidaritas Di Angkutan Jeepney
Img 20190124 083709 542 Laporan Dari Filipina: Solidaritas Di Angkutan Jeepney
Sufyan Shauri bersama teman-temannya turun dari Jeepney di Filipina. (Foto Sufyan)

Dari situ terbukti kejujuran orang Filipina. Dan saya liat sendiri waktu Jeepney yang saya dan teman-teman naiki itu jadi sesak, orang Dilipin yang sudah ada di dalam malah senyum-senyum. Mereka justru segera berbagi tempat duduk dan rela dusel-duselan  di dalam angkutan itu.

Kata orang di sana, kalo naik Jeepney harus gitu. Prinsipnya, sama lega dan sama sesak. Kalo pas lagi gak ada penumpang mungkin bisa tiduran di dalam situ. Tapi kalo pas lagi penuh, ya sama-sama harus mengencangkan ikat pinggang. Jurus menguruskan diri hmmmmph. Di sini, naik Jeepney itu adalah cerminan dari tidak egois dan toleransi bro. Sip kan… (*)

Baca juga  Kasus Perceraian Marak, Ratusan Istri di Pamekasan Berstatus Janda