tutup
ght="300">
Politik

Masuk Dalam Bursa Pj Bupati Bangkalan, Kepala Inspektorat dan Rektor UTM Mengaku Siap Jalankan Amanah

×

Masuk Dalam Bursa Pj Bupati Bangkalan, Kepala Inspektorat dan Rektor UTM Mengaku Siap Jalankan Amanah

Sebarkan artikel ini
Kepala Inspektorat Bangkalan Joko Supriyono Dan Rektor Utm Dr. Safi'
Kepala Inspektorat Bangkalan Joko Supriyono dan Rektor UTM Dr. Safi'

BANGKALAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati Bangkalan pada Rapat Paripurna, Senin, (31/07) kemarin.

Tiga nama tersebut yakni Kepala Inspektorat Bangkalan, Joko Supriyono, Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Dr. Safi’ kemudian Kepala Satpol PP yang juga menjabat Plt DPMD Bangkalan, Rudiyanto.

Pengusulan tiga nama itu menurut Ketua DPRD Bangkalan Effendi sudah melalui proses mekanisme pembahasan dari setiap fraksi dan sudah memenuhi syarat kepangkatan.

“Memang pengusulan tiga nama calon Pj Bupati ke Mendagri ini sudah mengerucut pada tiga nama dari hasil fraksi sehingga kita paripurnakan untuk diajukan ke Mendagri,” ucap Effendi.

Menanggapi hal itu, Kepala Inspektorat Bangkalan Joko Supriyono mengaku tidak menyangka jika namanya masuk dalam bursa Pj Bupati Bangkalan, meski begitu jikalau betul diperintah maka akan siap menjalani amanah.

Baca juga  Hasil PSU Disahkan MK, KPU Sampang Segera Gelar Rapat Pleno

“Saya pribadi tidak menyangka bisa masuk salah satu dari 3 nama yang direkomendasikan, cuma jika memang diperintah begitu, maka akan kami laksanakan,” tuturnya, Selasa, (01/08/23).

Ditempat terpisah, Rektor UTM, Dr. Safi’, juga menanggapi santai dirinya masuk rekomendasi dalam bursa Pj Bupati yang di rekomendasikan DPRD Bangkalan.

Pihaknya mengaku sepenuhnya pasrah pada Mendagri yang memiliki kewenangan perihal penentuan.

“Semoga diberikan yang terbaik untuk Bangkalan, dari usulan itu yang menentukan Mendagri, sehingga sudah menjadi otoritas pusat menugaskan ASN yang memenuhi kualifikasi, bukan masalah siap atau tidak, jika memang ditunjuk maka harus siap,” katanya.

Pria kelahiran sumenep ini juga mengapresiasi DPRD Bangkalan yang telah memberikan kepercayaan menjadi salah satu bursa Pj Bupati Bangkalan.

Baca juga  Bawaslu Bangkalan Tunda Sidang Pelanggaran Kode Etik Pemecatan PPS Klapayan

“Saya apresiasi dan terima kasih kepada DPRD dan pihak yang memasukkan nama saya dalam usulan 3 nama calon pj bupati Bangkalan,” ujarnya.

Meski demikian, Dr. Safi menilai dirinya masuk dalam bursa Pj Bupati tidak lebih dari dinamika politik, sebab dalam penentuan Pj tersebut dari Pemerintah Provinsi dan Menteri Dalam Negeri juga akan mengusulkan.

“Saya lebih melihatnya sebagai hiburan politik saja, karena selain DPRD juga ada 2 pintu lainnya yang punya hak untuk mengusulkan, yaitu Gubernur dan Mendagri. Karena otiritas akhir ada di Presiden melalui Mendagri, pasti yang lebih menentukan adalah usulannya Mendagri,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Bangkalan, Rudianto belum memberikan komentar saat dikonfirmasi terkait bursa Pj Bupati Bangkalan yang menyebutkan namanya. (ang)