tutup
Budaya

Menelusuri Air Sumur Oleh di Desa Torjun, Dipercaya Dapat Sembuhkan Penyakit Lemas pada Anak Usia Dini

×

Menelusuri Air Sumur Oleh di Desa Torjun, Dipercaya Dapat Sembuhkan Penyakit Lemas pada Anak Usia Dini

Sebarkan artikel ini
Sumur Oleh Di Dusun Brekas Desa Torjun Kecamatan Torjun. (Foto : Dimas Syah Fachlevi)
Sumur Oleh di Dusun Brekas Desa Torjun Kecamatan Torjun. (Foto : Dimas Syah Fachlevi)

SAMPANG – Air Sumur Oleh yang terletak di Dusun Brekas, Desa Torjun, Kecamatan Torjun, Kabupaten Sampang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit lemas yang dialami oleh anak usia dini.

Salah satu penduduk setempat, Sofian mengatakan sumur tersebut ada tujuh, dengan lokasi yang berbeda yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Img 20240409 Wa0073 Menelusuri Air Sumur Oleh Di Desa Torjun, Dipercaya Dapat Sembuhkan Penyakit Lemas Pada Anak Usia Dini

“Dulu seringkali orang sekitar maupun yang dari jauh mengambil air dari ketujuh sumur tersebut, namun untuk saat ini sudah jarang,” ungkapnya, Sabtu (20/05/23).

Ia menjelaskan bahwa sumur itu sudah ada sejak zaman dulu dan sampai saat ini masih ada namun tidak terawat karena banyak rumput liar yang perlu dibersihkan.

“Air dari ketujuh sumur tersebut dipercayai bia menyembuhkan penyakit dengan mengambil satu botol dengan berisi campuran tujuh sumur, lalu diminumkan ke anak,” ujarnya.

Sementara itu, Ismail salah satu warga yang mengambil air dari Sumur Oleh tersebut untuk diminumkan ke anaknya.

“Alhamdulillah anak saya membaik berkat minum air sumur oleh tersebut. Semua berkat yang maha kuasa, saya hanya berusaha mencobanya,” tuturnya. (dim)

Baca juga  DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna Persetujuan KUA-PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2023