tutup
ght="300">
Politik

Mengejutkan, Pasangan Ganjar – Mahfud Keok di Kandang Banteng Sumenep

×

Mengejutkan, Pasangan Ganjar – Mahfud Keok di Kandang Banteng Sumenep

Sebarkan artikel ini
Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud Md.
Pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

SUMENEP – Hasil perolehan suara Pilpres di Kabupaten Sumenep berdasarkan data real count KPU pada Sabtu, 17 Februari 2024, pukul 12.45 WIB, menunjukkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Gibran unggul tipis dari rivalnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Sedangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD kalah telak dengan perolehan suara paling buncit.

Dilansir dari TV One News, Prabowo-Gibran meraup suara 135.589 atau sebesar 46,43 persen. Di posisi runner up terdapat pasangan AMIN dengan perolehan 121.929 suara atau sekitar 41,75 persen. Selisih 13.660 suara pemilih.

Meski Prabowo-Gibran secara total suara unggul di Kabupaten Sumenep, lasangan yang didukung Koalisi Indonesia Maju ini kalah suara di beberapa wilayah pemilihan. Antara lain di Kecamatan Dungkek, Gayam, Guluk-Guluk, Lenteng, Manding, Nonggunong, Pasongsongan, Pragaan, Raas, Rubaru, Sapeken, dan Talango.

Baca juga  Pendaftaran Bacaleg di KPU Bangkalan Masih Sepi

Sementara hasil suara yang didapat pasangan Ganjar-Mahfud yang diusung koalisi PDIP, PPP, Hanura, PBB, dan Perindo sebanyak 34.507 suara atau 11,82 persen.

Hasil suara pasangan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024 di Kabupaten Sumenep ini cukup mengejutkan. Pasalnya, kabupaten paling ujung timur Pulau Madura itu dipimpin kader PDI Perjuangan, Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

Apalagi Sumenep merupakan tanah kelahiran politikus senior partai berlambang banteng, MH Said Abdullah, yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan.

Dari 42,87 persen total suara sementara yang masuk di sistem rekapitulasi KPU untuk pemilihan presiden di Kabupaten Sumenep, terdapat dua wilayah yang belum terekam perolehannya, yakni Kecamatan Masalembu dan Kangayaan. (red)