tutup
Lingkungan

Merasakan Kebingungan Warga Kamal untuk Buang Sampah

×

Merasakan Kebingungan Warga Kamal untuk Buang Sampah

Sebarkan artikel ini
2019 02 11 22.59.37 1 2.Jpg Merasakan Kebingungan Warga Kamal Untuk Buang Sampah
Sampah rumah tangga berserakan di Pelabuhan Timur Kamal (Foto ig@wecarebangkalanmadura - Taberita.com)

BANGKALAN – Dalam sehari, seseorang bisa menghasilkan 0,5 kilogram sampah gaess.. Trus bayangin aja gimana bingungnya orang kalo gak ada tempat pembuangan sampah. Masak iya mereka mau tidur sama sampah?

Kurang lebih gitu perasaan mendalam yang dirasakan warga Kecamatan Kamal – Bangkalan untuk buang sampah. Saking bingungnya mereka akhirnya membuang sampah di pantai Pelabuhan Timur Desa Kamal, Kecamatan Kamal.

Akhirnya, sejauh mata memandang di pantai itu cuma kelihatan warna-warni sampah. Kalo baunya udah gak usah ditanya gaess, auto gak karuan baunya.

Img 20240409 Wa0073 Merasakan Kebingungan Warga Kamal Untuk Buang Sampah

Seperti foto yang direpost sama akun instagram @wecarebangkalanmadura dari @viee.shielviiia. Ada empat foto dengan judul “Kamal Jadi Pelabuhan Sampah“. Diposting pada Senin, 11 Februari 2019.

1549898530748 Merasakan Kebingungan Warga Kamal Untuk Buang Sampah
Pemandangan di Pelabuhan Timur Kamal jadi auto jorok ihh.. (Foto ig @wecarebangkalanmadura)

“Jalan Raya Pelabuhan Timur di Desa Kamal, Kecamatan Kamal, tidak hanya menyajikan pemandangan kapal-kapal yang sedang berlabuh. Pantai di lokasi tersebut juga menjadi pelabuhan sampah. Senin (11/1) permukaan pantai dipenuhi sampah yang merupakan limbah rumah tangga,” tulis Mimin @wecarebangkalanmadura.

Dilanjutin: Warga setempat tidak menyangkal pembuangan sampah ke sungai yang mereka lakukan. Namun, warga berdalih bahwa itu terpaksa mereka lakukan karena tidak ada penampungan sampah yang disediakan pemerintah.

Emang sih setahu Taberita.com jarak jangkau petugas kebersihan dan armadanya terbatas. Mungkin wilayah Kamal itu salah satu titik yang tidak dijangkau.

Meski begitu harus ada jalan keluar yang dipikirkan bareng-bareng antara masyarakat dan pemerintah di sana. Persoalan sampah mah emang gak ada abisnya kecuali ada upaya pengelolaan yang berkesinambungan dan konsisten.

Baca juga  Berangkat dari Keprihatinan, Sebuah Komunitas di Bangkalan Rela Berkeliling Pungut Sampah

Kita doakan aja semoga Pemerintah Bangkalan baca kabar ini dan masalah sampah di Kamal segera menemukan solusinya. Setidaknya beresin sampah yang sudah telanjur ada di pantai, kemudian ngasih tempat khusus pembuangan sampah di sana.. Aamiin. (dee)