tutup
Berita

Musrenbang Desa, Mayoritas Desa di Bangkalan Usulkan Kegiatan Fisik

×

Musrenbang Desa, Mayoritas Desa di Bangkalan Usulkan Kegiatan Fisik

Sebarkan artikel ini
Img 20181119 Wa0001
IMG 20181119 WA0001

BANGKALAN – Sebanyak 21 desa di Kecamatan Galis sudah selesai menyelenggarakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) desa. Mayoritas usulan yang diajukan di musrenbang desa itu didominasi program fisik.

Camat Galis Zakariya mengatakan, musrenbang desa bagian dari perencanaan pembangunan paling bawah di tingkat kabupaten. Setelah itu musrenbang di tingkat kecamatan. Terakhir di tingkat kabupaten.

Img 20240409 Wa0073 Musrenbang Desa, Mayoritas Desa Di Bangkalan Usulkan Kegiatan Fisik

Zakariya mengungkapkan, musrenbang desa di wilayah kerjanya didominasi oleh program fisik. Dia memaklumi lantaran dari sisi pembangunan, desa di Bangkalan masih perlu berbenah. Sehingga pihaknya tidak mempermasalahkan selama usulan itu berjalan sesuai prosedur.

Teknis pengajuan program, kata Mantan Camat Tragah itu, murni diusulkan oleh pemerintah desa. Pemdes tersebut bisa meliputi, kepala dusun, sekretaris desa, kades dan badan permusyawaratan desa (BPD).

“Mereka bermusyawarah layaknya melakukan rapat. Kemudian dicatat apa yang perlu dibenahi di desa itu,” kata pria asal Kecamatan Burneh itu, Senin (19/11).

Dia menepis tudingan bahwa musrenbang desa diatur pemerintah daerah. Sebab sebelumnya banyak pernyataan dari kades, bahwa musrenbang tidak bisa berjalan optimal. Sebab pemda sudah mengonsep rencana pembangunan desa. Sehingga kegiatan tersebut hanya berjalan formalitas.

“Musrenbang desa murni usulan desa. Pemda tidak bisa mengintervensi,” tandas Zakariya. (Tia)

Baca juga  Dianggap Gagal Jaga Keamanan, Polres Bangkalan Kembali Dapat Rapot Merah dari Mahasiswa UTM