tutup
ght="300">
Lingkungan

No Jijik, Warga Bersatu Beresin Sampah di Jembatan Tambangan Arosbaya

×

No Jijik, Warga Bersatu Beresin Sampah di Jembatan Tambangan Arosbaya

Sebarkan artikel ini
Bersih-Bersih Jembatan Tambangan Arosbaya
Sampah menggunung di Jembatan Tambangan mulai agak bersih setelah dibersihkan. (Foto Malikul Amin - Taberita.com)

BANGKALAN – Puluhan orang akhirnya turun tangan membersihkan sampah yang menumpuk di sekitar Jembatan Tambangan di Kecamatan Arosbaya. Sebenernya sih jembatan itu secara administrasi masuk wilayah Kecamatan Klampis. Tapi, yang sering buang sampah di sono banyak warga Arosbaya.

Kondisi banyaknya sampah di sekitar Jembatan Tambangan itu sebenernya udah lama banget dikeluhkan. Sering dibahas juga kalo pas ada acara dan diskusi-diskusi lingkungan. Soalnya, selain merusak lingkungan juga merusak pemadangan banget.

Atas inisiatif warga, komunitas, pihak Kecamatan Arosbaya dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), TNI, Polri dan sekolah, digelarlah kegiatan bersih-bersih Rabu, 6 Maret 2019. Tak tanggung-tanggung, Kepala DLH Bangkalan Ishak Sudibyo mengerahkan 10 truk Sampah untuk mengevakuasi sampah dari Jembatan Tambengan tersebut.

Baca juga  Tempat Sampah Liar di Arosbaya Dijadiin Taman Bunga
Bersih-Bersih Jembatan Tambangan Arosbaya
Armada truk dan bego dipake buat bersihin sampah di Jembatan Tambangan Arosbaya. (Foto Malikul Amin)

Jangan Buang Sampah di Jembatan Tambangan Lagi !!

Gak pake jijik-jijikan semua relawan lingkungan yang hadir di kegiatan bersih-bersih itu memulai kegiatan sejak pukul 09.00. Kegiatan berlangsung hingga 2 jam dan diperkirakan 40 ton sampah berhasil dievakuasi dari Jembatan Tambangan tersebut.

Tampak hadir dalam kegiatan itu Kepala DLH Ishak Sudibyo yang akrab disapa Yoyok dan Camat Arosbaya Anang Haryanto serta sejumlah penggerak komunitas di Arosbaya. Tanpa canggung para relawan lingkungan itu mengangkat sampah ke truk yang sudah disediakan DLH. Sampah yang sudah menumpuk lama itu sungguh mengeluarkan bau yang gak sedap. Tapi para relawan lingkungan itu bertahan sampai sampah di jembatan itu bersih.

Baca juga  Tinjau Progres Pembangunan Kantor Samsat Bangkalan, Pj Gubernur Harapkan Kenaikan Pendapatan Daerah

Melalui pesan WA, Wakil Bupati Bangkalan Mohni mengapresiasi kegiatan tersebut. “Pemerintah daerah sangat mengapresiasi kerja bakti semua komponen masyarakat. Yang hari ini selesai membersihkan sampah di Arosbaya baik dari aparat keamanan TNI/Polri, DLH , komunitas pejuang lingkungan, & masyarakat sekitarnya terimakasih. Pak Camat + pegawai. Termasuk siswa/siswi,” tulis Mohni.

Kegiatan ini semoga menjadi teguran keras bagi orang-orang yang punya kebiasaan buang sampah di sekitar jembatan itu. Dan semoga juga menjadi momentum Pemerintah Bangkalan untuk dapat menyelesaikan tantangan persampahan di Kecamatan Arosbaya. Sehingga, Jembatan Tambangan dan sungai di bawahnya gak dijadiin tempat sampah. (dee)