tutup
Berita

Pemkab Bangkalan Sediakan 3 Armada Bus Penghubung Trans Jatim

×

Pemkab Bangkalan Sediakan 3 Armada Bus Penghubung Trans Jatim

Sebarkan artikel ini
Salah Satu Bus Kendaraan Yang Disediakan Oleh Pemkab Bangkalan.
Salah satu Bus Kendaraan yang disediakan oleh Pemkab Bangkalan.

BANGKALAN – Pemerintah Kabupaten Bangkalan tengah menyiapkan 3 armada angkutan umum bus yang berfungsi sebagai feeder untuk mengakomodasi masyarakat dari atau ke moda Trans Jatim Bangkalan – Surabaya.

Hal tersebut disampaikan PJ. Bupati Bangkalan Arief M. Edie, M.Si ketika menyerahkan 3 armada bus angkutan Pedesaan kepada Organisasi Angutan Darat (Organda) Bangkalan untuk dikelola menjadi trans Bangkalan, Senin, (22/01/2024).

Img 20240409 Wa0073 Pemkab Bangkalan Sediakan 3 Armada Bus Penghubung Trans Jatim

“Pada hari ini 3 bus angkutan pedesaan pengelolaanya kita berikan kepada organda sejakigus kita uji cobakan, nantinya trans Bangkalan ini akan melayani rute Bangkalan-Kamal, Bangkakan -Tanjung Bumi dan Bangkalan – Blega,” terangnya.

Terkait dengan pengelolaannya, Pj Bupati
mengatakan untuk biaya operasional termasuk BBM nantinya akan dikelola oleh Organda.

“Kami juga sudah melakukan kordinasi terkait tarif tiket dengan pihak Organda, dan telah disepakati untuk tarif flat sebesar Rp. 7.000,- ,” Kata Pj. Bupati.

Tarif tersebut nantinya untuk biaya akomodasi seperti pengemudinya, perawatan termasuk kebutuhan BBM.

“Namun kedepan pihaknya akan tetap melakukan evaluasi apakah bisa menutupi penghasilan dan biaya operasionalnya,” ujarnya.

Lebih lanjut terkait regulasi trans Bangkalan sebagai feeder yang dikelola oleh Organda, PJ. Bupati mengatakan dalam waktu dekat ini akan menyiapkan regulasi melalui Peraturan Bupati termasuk penggantian plat merah menjadi plat kuning sebagai transportasi publik.

“Karena itu kedepan kami berharap lima angkutan umum kecil akan kita ganti dengan pengelolaan bus, sehingga pengelolaannya dapat bergantian dan tidak mematikan rezeki dari angkutan kota, para kru-kru angkot ini akan kita ajak kerja sama dalam mengelola trans Bangkalan melalui organda,” pungkasnya. (ang)

Baca juga  Mantan Bupati Pamekasan Optimis 2 Juta Warga Madura Dukung Pasangan AMIN