tutup
ght="300">
Politik

Profil Mahfud MD, Perjalanan Putra Kelahiran Omben Sampang Melenggang ke Panggung Politik Nasional

×

Profil Mahfud MD, Perjalanan Putra Kelahiran Omben Sampang Melenggang ke Panggung Politik Nasional

Sebarkan artikel ini
Profesor Mahfud Md
Profesor Mahfud MD

SAMPANG – Mahfud MD, seorang tokoh politik yang kini dikenal di seluruh Indonesia, memiliki akar yang kuat di Omben Sampang, Madura. Dari sini, perjalanan karier politiknya membawanya ke panggung politik nasional.

Asal Usul dan Pendidikan

Lahir di Omben Sampang pada 13 Mei 1957, Mahfud MD memiliki latar belakang keluarga yang berhubungan erat dengan agama. Ayahnya, KH. Syafi’i, adalah seorang ulama terkemuka yang sangat dihormati di Sampang. Sementara itu, ibunya, Hj. Siti Maimunah, dikenal sebagai ibu rumah tangga yang sangat religius.

Pendidikan dasarnya dimulai di SDN 1 Sampang, di mana ia lulus pada tahun 1970. Kemudian, Mahfud MD melanjutkan ke SMPN 1 Sampang dan lulus pada tahun 1973. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, ia melanjutkan ke SMA Negeri 1 Pamekasan dan meraih kelulusan pada tahun 1976.

Dari sana, Mahfud MD terus mengejar pendidikannya dengan melanjutkan ke Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, di mana ia meraih gelar Sarjana Hukum (SH) pada tahun 1983.

Baca juga  Paksa Rekap Suara Tanpa Dihitung, Oknum Kades di Bangkalan Intimidasi Saksi Caleg DPRD Jatim

Karier dan Peran Publik

Setelah menyelesaikan pendidikan tingginya, Mahfud MD memulai karier sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej). Selama masa ini, ia juga aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan dan organisasi masyarakat.

Pada tahun 1990, Mahfud MD memasuki dunia politik sebagai anggota DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia menjabat selama dua periode, yaitu 1990-1995 dan 1995-1999.

Pada tahun 1999, Mahfud MD mendapat kepercayaan sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Persatuan Nasional yang dipimpin oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Perannya sebagai Menteri Pertahanan berlangsung hingga tahun 2001.

Kariernya mencapai puncak saat ia terpilih sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pada tahun 2001. Ia memegang jabatan ini selama dua periode, yakni 2001-2008 dan 2008-2013.

Setelah mengakhiri masa jabatan sebagai Ketua MK, Mahfud MD kembali aktif dalam kegiatan politik. Pada tahun 2014, ia mendirikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan menjabat sebagai Ketua Umum PKB hingga tahun 2019.

Baca juga  Minta KPU Sampang Tunjukkan Kinerja Terbaik

Pada tahun 2019, Mahfud MD diangkat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkop Polhukam) dalam Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Ia masih menjabat hingga saat ini.

Pandangan dan Dukungan

Mahfud MD dikenal sebagai politisi cerdas, tegas, dan berwibawa yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya.

Pada tahun 2023, Mahfud MD diusulkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Usulan ini mendapat dukungan luas, termasuk dari Ganjar Pranowo sendiri, yang menganggap Mahfud MD sebagai sosok yang tepat.

Terlepas dari asal-usulnya di Omben Sampang, Mahfud MD kini berada di panggung politik nasional dan menarik perhatian banyak pihak. Ia menjadi salah satu figur yang patut diawasi dalam perjalanan politik Indonesia.