PSHT Tanjung Bumi Evakuasi Sampah dari Jembatan dan Jalan

6
Bersama warga dan TNI-Polri, PSHT bersihkan sampah yang berserakan di jembatan dan sekitarnya. (Foto Malikul Amin - Taberita.com)

BANGKALAN – Gemes sama kelakuan warga yang suka buang sampah sembarangan, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Tanjung Bumi turun tangan. Bersama warga lain yang peduli dan dari TNI – Polri membersihkan sampah di Jembatan Aeng Taber, Desa Aeng Taber, Kecamatan Tanjung Bumi – Bangkalan.

Kegiatan kerja bakti itu dilaksanakan Minggu pagi, 10 Februari 2019. Dalam surat pemberitahuannya, Penanggung Jawab kegiatan M. Anwar Rosyid menyatakan kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan. Sebab, pihaknya melihat kesadaran itu sangat rendah.

“Melihat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan menyebabkan Jembatan Aeng Taber dan tepi jalan penuh dengan sampah,” tulisnya dalam surat pemberitahuan. Di samping sebagai pemberitahuan, surat itu sekaligus mengajak warga untuk membantu.

Abis bersih-bersih lingkungan para relawan wefie bareng. (Foto Malikul Amin)

Hasilnya, kerja bakti yang dilaksanakan Minggu pagi itu tak hanya dilakukan oleh anggota PSHT Ranting Tanjung Bumi. Ada sedikitnya 30 warga desa, 40 dari kepolisian, 30 dari TNI serta 100 lebih anggota PSHT turun tangan membersihkan sampah.

Dari kegiatan itu ada dua truk besar sampah dievakuasi dariĀ  jembatan dan tepi jalan.

Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan yang hadir merinci volume sampah yang berhasil dievakuasi seberat 8-9 ton. Rupa-rupa sampah kebanyakan sampah basah seperti pampers bayi, pembalut, plastik , botol , pecahan beling dan neon. “Sampah-sampah ini akan dibawa ke tempat pembuangan akhir di Socah,” ujar Jayus Salam, Kepala Desa Aeng Taber.

Pemuda setempat, Malikul Amin berharap setelah kegiatan itu warga tidak lagi membuang sampah di jembatan, sungai atau di tepi jalan. “Mudah-mudahan kesadaran masyarakat tumbub dengan melihat kami bersusah payah membersihkan sampah di lokasi tadi,” katanya.

Awas loh gaess, kamu jangan buang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya. Kalo gak ada tempat sampah, cari sampai ketemu tempat sampah. Kebersihan itu sebagian daripada iman. Jangan ngaku beriman kalo masih buang-buang sampah seenaknya, trus orang lain yang suruh bersihin. (dee)

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)