tutup
Budaya

Situs Sumur Daksan di Sampang, Dipercaya Sebagai Lokasi Bertapa Pangeran Trunojoyo Sebelum Berperang

×

Situs Sumur Daksan di Sampang, Dipercaya Sebagai Lokasi Bertapa Pangeran Trunojoyo Sebelum Berperang

Sebarkan artikel ini
Situs Sumur Daksan Di Kelurahan Dalpenang Sampang.
Situs Sumur Daksan di Kelurahan Dalpenang Sampang.

SAMPANG – Kabupaten Sampang menyimpan banyak situs budaya yang bersejarah dan banyak tempat yang sampai saat ini dipercayai memiliki hal mistis.

Salah satu situs di Sampang yang masih menyimpan sejarah yaitu Sumur Daksan yang berlokasi di Kelurahan Dalpenang, Kecamatan Sampang yang berjarak sekitar satu kilometer dari Monumen Trunojoyo.

Img 20240409 Wa0073 Situs Sumur Daksan Di Sampang, Dipercaya Sebagai Lokasi Bertapa Pangeran Trunojoyo Sebelum Berperang

Salah satu pengunjung Sumur Daksan Wahyudi mengatakan sumur ini cukup unik bahkan selain berisi air didalamnya terdapat tulisan Pallawa dan lukisan raksasa yang diapit oleh dua kuda terbang.

“Lukisan yang ada di dinding sumur masih terlihat jelas sampai saat ini, mungkin dahulu kala yang mengukirnya sangat bagus dan teliti,” ungkapnya.

Konon cerita, dahulu Pangeran Trunojoyo sebelum berangkat berperang bertapa terlebih dulu di Sumur Daksan agar pulang membawa kemenangan.

Selain itu, ada kepercayaan yang muncul di masyarakat jika bertapa di sumur Daksan, keinginannya akan cepat dikabulkan.

Ia menambahkan, situs tersebut salah satu peninggalan bersejarah di Kabupaten Sampang yang wajib dijaga dengan baik.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang Abd. Basit mengatakan bahwa Sumur Daksan salah satu situs yang unik karena ada lukisan di dinding sumur.

“Sumur Daksan dikelola Disporabudpar serta bersama masyarakat, ada pagar yang mengelilingi sumur agar tetap terjaga keamanannya,” pungkasnya. (dim)

Baca juga  Jejak Langkah H. Sahid (Alm.) dari Politik sampe Kerapan Sapi