Berita unik, politik, ekonomi, wisata, budaya, hukum dan pendidikan dari Madura. Meliputi Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep serta berita Jawa Timur dan Nasional

Tips Pilah-Pilih Caleg untuk Pemilih Milenial

- Advertisement -

SURABAYA-Kebanyakan orang tak terlalu peduli soal pemilihan legislatif (pileg). Namun, kebanyakan orang ingin para anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) peduli pada mereka. Bagaimana mungkin orang tidak peduli pada pemilihan wakil rakyat ingin dipedulikan wakil rakyat?

Maka itu kita harus peduli dan mulai pilah-pilih caleg untuk dicoblos saat pemungutan suara pileg. Terutama untuk para milenial, ini tips dari taberita.com:

Kenali caleg dengan baik

- Advertisement -

Sebisa mungkin pilih saudara atau teman baikmu sendiri kalau dia jadi caleg. Atau orang yang kamu kenal baik di lingkunganmu.

Cari informasi tentang caleg

Kalau dari caleg itu tak ada yang kamu kenal, cari informasi tentang track record, visi-misi dan siapa sebenarnya caleg itu.

Jangan tertipu kebaikan caleg

Setiap caleg ingin dipilih untuk menjadi anggota DPR. Untuk itu, caleg-caleg tertentu bisa tiba-tiba jadi orang baik. Jangan tertipu dengan kebaikan yang tidak original yah…

Jangan pilih caleg yang memaku gambar di pohon

Salah satu aturan yang tidak boleh dalam kampanye adalah memasang alat peraga kampanye (APK) di pohon dengan cara dipaku. Kalau ada caleg yang memaku APK-nya dipohon, lupakan saja wajah dan namanya.

Jangan pilih caleg yang pelit

Ini bukan menganjurkan pemilih menerima money politic. Tapi cukup lihat keseharian sang caleg, kalau hidupnya caleg itu kikir, nggak usah dipilih. Sebab jadi wakil rakyat itu seringkali menjadi tujuan rakyat untuk minta bantuan.

Kenali dan pilih caleg yang tegas, kreatif dan sopan

Rakyat butuh orang tegas untuk bisa mewakili suara rakyat. Rakyat juga butuh orang kreatif untuk memperjuangkan harapan mereka. Dan butuh wakil rakyat yang sopan supaya tidak arogan saat menjadi pejabat nantinya.

Pilih caleg yang suka ngopi

Bukan caleg yang suka ngopi di hotel atau cafe mahal. Kenalilah caleg yang suka ngopi di warung biasa dan ngobrol dengan orang-orang biasa juga. Biasanya, caleg yang seperti itu lebih mudah ditemui, diajak ngopi dan bisa diajak rembuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rakyat.

Itu lah beberapa tips untuk para milenial untuk pilah-pilih caleg 2019 nanti. Sekarang masa kampanye sudah dimulai. Mulailah peduli agar tak salah pilih orang untuk jadi wakil rakyat. (mad)

- Advertisement -

- Advertisement -

Comments
Loading...