Waspada Encephalocele, Ini Penyebab dan Gejalanya

253
Images 9
Images 9

Encephalocele ( diucapkan en-sef-a-lo-seal) adalah jenis cacat lahir yang langka. Karena cacat ini cukup langka, maka tak banyak orang tahu gejala dan penyebabnya. Untuk itu taberita.com mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang encephalocele mengenai gejala dan penyebabnya.

Berdasarkan penelusuran taberita.com, encephalocele adalah jenis cacat lahir tabung saraf. Tabung saraf itu sendiri adalah saluran sempit yang melipat dan selama minggu ketiga dan keempat kehamilan untuk membentuk otak dan sumsum tulang belakang.

Encephalocele adalah tonjolan seperti kantung atau proyeksi otak dan selaput yang menutupinya melalui lubang di tengkorak. Encephalocele terjadi ketika tabung saraf tidak menutup sepenuhnya selama kehamilan. Hasilnya adalah pembukaan di mana saja di sepanjang pusat tengkorak dari hidung ke belakang leher. Tetapi paling sering di bagian belakang kepala, di bagian atas kepala, atau di antara dahi dan hidung.

Data di Amerika Serikat memperkirakan bahwa sekitar 1 dari 12.200 bayi akan mengalami encephalocele per tahunnya. Ini berarti sekitar 340 bayi dilahirkan dengan encephalocele setiap tahun.

Lalu apa penyebab utama encephalocele?

Hingga kini penyebab pasti encephalocele tidak diketahui. Para ilmuwan percaya bahwa banyak faktor yang terlibat.

Ada komponen genetik (warisan) untuk kondisi tersebut, yang berarti sering terjadi pada keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan cacat lain dari tabung saraf. Beberapa peneliti juga percaya bahwa paparan lingkungan tertentu sebelum atau selama kehamilan mungkin menjadi penyebab, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Namun beberapa faktor diduga menjadi pemicu encephalocele. Diantaranya kelahiran prematur (awal), berat badan lahir rendah, memiliki cacat lahir ganda.

Baca Juga :

Karena itu, Anda sedang hamil atau berpikir untuk hamil, bicarakan dengan dokter Anda tentang cara-cara untuk meningkatkan peluang Anda memiliki bayi yang sehat.

Biasanya encephaloceles ditemukan tepat setelah lahir. Namun sering juga encephalocele kecil di daerah hidung dan dahi terdeteksi saat sudah besar. Encephalocele di belakang tengkorak lebih mungkin menyebabkan masalah sistem saraf, serta cacat otak dan wajah lainnya.

Tanda-tanda encephalocele dapat termasuk penumpukan terlalu banyak cairan di otak, hilangnya kekuatan di lengan dan kaki dan kepala yang sangat kecil.

Gejala lainnya, penggunaan otot yang tidak terkoordinasi untuk gerakan,terlambat perkembangan, cacat intelektual, bermasalah penglihatan dan pertumbuhan tertunda.

Encephalocele bisa disembuhkan dengan operasi untuk menempatkan bagian menonjol dari otak dan selaput yang menutupnya kembali ke tengkorak dan menutup pembukaan di tengkorak.

Namun, masalah neurologis yang disebabkan oleh encephaloceleakan tetap ada. Perawatan jangka panjang tergantung pada kondisi anak. Pembedahan ganda mungkin diperlukan, tergantung pada lokasi encephalocele dan bagian-bagian kepala dan wajah yang dipengaruhi oleh encephalocele. (mad)

Sumber:

  • Institut Nasional Gangguan AS Neurologis dan Stroke
  • Organisasi Nasional untuk Gangguan Langka AS

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)