tutup
Berita

25 Bacakades Ikuti Uji Kompetensi di UTM

×

25 Bacakades Ikuti Uji Kompetensi di UTM

Sebarkan artikel ini
Suasana Tes Uji Kompetensi Di Ruang Labsos Utm.
Suasana tes uji kompetensi di Ruang Labsos UTM.

BANGKALAN – Puluhan Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) tahap III mengikuti tes uji kompetensi di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Senin (25/09/23).

Bacakades tersebut berasal dari tiga Desa yang melebih batas maksimal Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades)

Img 20240409 Wa0073 25 Bacakades Ikuti Uji Kompetensi Di Utm

Sekretaris TFPKD Kabupaten Bangkalan Rudiyanto mengatakan bahwa dari 15 Desa yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap III hanya terdapat 3 Desa yang melebihi batas maksimal Bacakades sehingga harus mengikuti uji kompetensi.

“Tiga Desa yang melebihi lima calon yakni Desa Langkap ada 10 Bacakades, Desa Duwek Buter ada 8 Bacakades dan Desa Tobuk ada 7 Bacakades,” ujarnya.

Ia mengatalan, pelaksanaan Uji Kompetensi Bacakades memang digelar di Universitas Trunojoyo Madura sebagai lembaga independen yang telah ditunjuk oleh TFPKD Bangkalan.

“Hasil pelaksanaan uji kompetensi dari tim independen UTM akan diserahkan ke TFPKD, kemudian akan diserahkan ke P2KD pada hari ini juga,” ucapnya

Ia menambahkan bahwa materi uji kompetensi ada enam poin salah satunya meliputi ilmu pengetahuan pancasila, undang-undang, pengetahuan umum, pemerintahan dan bahasa Indonesia.

“TFPKD tidak memiliki wewenang di dalam pelaksanaan uji kompetensi, itu wilayah penuh lembaga independen, jadi seluruh proses uji kompetensi mulai dari awal sampai selesai adalah wewenang UTM,” pungkasnya. (ang)

Baca juga  Pelajar Bangkalan Tertular Kriminalitas dan Sudah Ditangkap