Berkat TMMD, Pembangunan Desa Pasanggar Pegantenan Pamekasan Meningkat

186
IMG 20181114 WA0003
IMG 20181114 WA0003

PAMEKASAN – Pembangunan infrastruktur jalan di Desa Pasanggar Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan sangat baik. Hal itu akibat kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). TMMD berlangsung kurang lebih 41 hari.

Kepala Desa Pasanggar Abdul Hadi saat dimintai keterangan taberita.com mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak. Khususnya TNI yang bersusah payah meningkatkan pembangunan desa.

“Kalau dulu warga desa sulit menuju balai, sekarang sudah tidak. Jalan sudah bagus,” kata Hadi, Selasa (13/11).

Adapun hasil pengerjaan proyek yang diserahkan yakni pengaspalan jalan di Dusun Bunangka berukuran 2,5 x 2.218 m dan jalan di Dusun Nyek-Nye 2,5 x 1.750 m. Kemudian pengerjaan Makadam di Dusun Taleber Laok 2,5 x 1.295 m.

Selain itu, pembangunan bronjong penahan jalan di Dusun Gunung Dajah 2,5 x 95 m, peningkatan jembatan di Dusun Taleber Laok 3,5 x 7 m, dan renovasi 20 rumah tidak layak huni (RTLH) senilai Rp 150 juta.

Penutupan acara dipimpin Kaskoarmada II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono ditandai dengan pelepasan pita di pundak diwakili anggota TNI, Polri dan Rakyat.

Laksma TNI Ahmadi mengaku bangga atas kerjasama beragam pihak. Karena dengan kekuatan besar ini, TMMD bisa sukses.

Kegiatan TMMD mengangkat tema TNI manunggal rakyat dalam mewujudkan desa yang maju, sejahtera dan demokratis. Menurut dia, tema tersebut bentuk singkronisasi kemajuan pembangunan desa yang sesuai dengan nawa cita pemerintah pusat.

“TNI ikut membangun desa dari pinggiran sebagai upaya membangkitkan budaya gotong royong. Sarana pembangunan fisik dan nonfisik sebagai satu kesatuan dalam menyatukan perbedaan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegasnya.

Besaran anggaran untuk membangun desa tak sedikit. TMMD di Desa Pasanggar itu menelan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar.

Penyerahan hasil pekerjaan proyek itu dilakukan Ketua Satgas TMMD 103, Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf Nuryanto kepada Pemkab Pamekasan diwakili Pj Sekda Pamekasan, Mohammad Alwi. Penyerahan itu menutup sekaligus tanda berakhirnya kegiatan TMMD. (Tia)

Berikan Komentar
0/5 (0 Reviews)