tutup
Komunitas

Lebih Dekat Dengan Komunitas Insiatif Bangkalan, Gerakan Positif Pungut Tumpukan Sampah Hingga Puluhan Ton

×

Lebih Dekat Dengan Komunitas Insiatif Bangkalan, Gerakan Positif Pungut Tumpukan Sampah Hingga Puluhan Ton

Sebarkan artikel ini
Anggota Inisiatif Bangkalan Saat Melakukan Aksi Pungut Sampah Yang Berserakan.
Anggota Inisiatif Bangkalan saat melakukan aksi pungut sampah yang berserakan.

BANGKALAN – Tak banyak kalangan pemuda yang sadar dan memiliki inisiatif peduli dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar, bahkan untuk membersihkan tumpukan sampah dan rela bermandi lumpur hanya ingin melihat kebersihan lingkungan seperti yang dilakukan Komunitas Insiatif Bangkalan.

Komunitas Inisiatif Bangkalan dihuni kalangan milenial yang sesuai dengan namanya penuh inisiatif dan sudah banyak terbukti membersihkan tumpukan sampah di sejumlah titik wilayah Kota dan Kecamatan di Bangkalan.

Img 20240409 Wa0073 Lebih Dekat Dengan Komunitas Insiatif Bangkalan, Gerakan Positif Pungut Tumpukan Sampah Hingga Puluhan Ton

Gerakan pemuda Bangkalan tersebut bukan dalam rangka mencari perhatian sepihak akan tetapi murni atas dasar prihatin karena kalangan masyarakat yang kurang memperdulikan kebersihan lingkungan dan bahaya membuang sampah sembarangan.

“Kalau di goa petapa, tujuannya untuk meminimalisir sampah-sampah kiriman dari pesisir/pulau lainnya sekaligus merawat pantai goa petapa agar tetap bersih dari sampah, mengingat pantai tersebut dikenal sudah cukup bersih,” ungkap Ardhan Inisiator Komunitas Inisiatif, Sabtu, (10/06/23).

Menurut Ardhan, Inisiatif terbentuk karena adanya keresahan terhadap sampah di Bangkalan, bahkan banyak sekali terdapat di jalan raya yang bukan tempat sampah justru dijadikan tempat pembuangan sampah sementara sehingga membuat estetika Bangkalan menjadi tak lagi indah.

“Berangkat dari hal itu, aku, Ardhan dan Mas Toni selaku inisiator membentuk komunitas inisiatif,” terangnya.

Ia mengatakan jika awalnya menjalankan aksi hanya mengajak temen deket dan perkopian, namun seiring postingan konten insiatif mendapat respons positif dari netizen yang akhirnya memutuskan untuk open volunteer dan melakukan aksi 1 minggu sekali.

Baca juga  Ikut Acara 'Tutup Jembatan Suramadu, Bisa Dapet Apa ??

“Alhamdulillah, saat ini volunteer inisiatif ada 40 orang,” terangnya.

Pihaknya berharap gerakan tersebut akan terus konsisten bergerak dan memberikan manfaat untuk masyarakat. (ang)